Sejarah Israel Menyerang Palestina, Ternyata Sudah 106 Tahun Lamanya

Sejarah Israel Menyerang Palestina, Ternyata Sudah 106 Tahun Lamanya

sejarah pertama kali israel serang palestina-Ist-

 

Hal itu memberikan kekuatan terhadap Eropa untuk berjanji agar memberikan sebuah negara diwilayah yang 90 persen penduduknya ialah penduduk asli arab Palestina kepada zionis. Kebijakan Inggris tersebut dibentuk pada tahun 1923 dan berlangsung sampai dengan tahun 1948. 

 

Selama periode itulah Inggris memberikan fasilitas migrasi massal untuk orang-orang Yahudi. Dimana terjadi gelombang yang mendatangkan gerakan Nazi di eropa yang lumayan cukup besar. Pada gelombang migrasi ini pun mereka mendapat perlawanan dari rakyat Palestina.

BACA JUGA:Baznas Provinsi Bengkulu Galang Dana Membasuh Luka Palestina

Rakyat Palestina mengkhawatirkan dengan perubahan demografi negara mereka dan adanya penyitaan tanah mereka dilakukan oleh Inggris untuk diberkan kepada orang yahudi. 

 

Pada saat itu terjadilah konflik antara Israel dan OPalestina pada tahun 1967, waktu itu Israel menyerang Palestina karena ingin merebut jalur gaza dan kawasan sinai hingga tepi barat serta yerusalem timur dari yordania, itulah asalasan israel menyerang Palestina dan perang pun tidak bisa dihindari. 

 

Karena perperangan tersebut ribuan warga Palestina meninggal dunia, termasuka anak-anak, serta puluhan ribu rumah, sekolah dan gedung gedung perkantoran hancur seketika. Sangat mustahil jika dilakukannya pembangunan kembali karena adanya pengepungan menghalangi material konstruksi seperti baja dan semen yang mencapai wilayah gaza. 

 

Sebelumnya Israel sempat memberikan tawaran untuk mengembalikan wialayah dengan berbagai syarat juga imbalan, tetapi tawaran tersebut ditolak. Sebab itulah pertikaian antara israel dan palestina semakin meningkat setelah terjadinya intifada al aqsa pada september tahun 2000, setelah kunjungan pemimpin oposisi israel ke masjid al aqsa yang menjadi pemicu kerusuhan. 

 

Intifada atau perlawanan kembali terjadi lagi pada saat israel meluncurkan serangan udara dan daat ke jalur gaza yang dilakukan pada tahun 2008. Israel juga melakukan blokode di seluruh jalur bantuan terhadap palestina dan menembaki kapal bantuan mavi marmara tapa mei tahun 2020. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar bengkulu