Efek Domino Manna Expo, UMKM Bengkulu Selatan Akan Belajar Memanfaatkan Lidi Sawit

Efek Domino Manna Expo, UMKM Bengkulu Selatan Akan Belajar Memanfaatkan Lidi Sawit

Pelaku UMKM Bengkuku Utara memperlihatkan kerajinan (Lekar) mereka pada kegiatan Manna Expo -Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Kegiatan Manna Expo ternyata ada manfaatnya bagi Bengkulu Selatan. Ada juga kegiatan berlanjut yang dihasilkan. Yaitu  pertukaran ilmu pengetahuan.

Pelaku UMKM Bengkulu Selatan akan belajar memanfaatkan lidi sawit menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai ekonomi Enkrap atau piring kerajinan yang biasa digunakan masyarakat pada saat pesta pernikahan.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Berharap jadi yang Terbaik, Desa Wisata Batu Ampar Masuk Lima Besar

Kepala DPMPTSP Bengkulu Selatan, Dr.E Edwin Permana.ST,MT,MM mengatakan, untuk melakukan kerajinan anyaman lidi sawit ini,termasuk mudah.

Tidak terlalu sulit. Dengan mengandalkan mesin buatan, dalam waktu 15 menit sudah bisa menjadi satu buah piring anyaman (Bahasa Bengkulu  Selatan Lekar).

BACA JUGA:Dinas Sosial Bengkulu Selatan akan Dirikan Kampung Siaga dan Lumbung Sosial

"Kalau dijual diluaran satu Lekar berharga Rp 15 ribu dengan harga distributor Rp 10 ribu. Dalam kurun waktu 1 jam saja sudah bisa kita mendapatkan empat Lekar. Artinya dengan menumbuhkan kreatif dari Sumber Daya Manusia (SDM),kita ambil saja memberdayakan kaum perempuan, maka ibu - ibu itu sudah bisa menghasilkan Rp 40 ribu dalam satu jam,"papar Edwin Sabtu (18/11).

Hal ini nantinya bisa menjadi peluang investasi bagi pengusaha yang mempunyai modal. Dengan memberdayakan satu kelompok saja dengan jumlah sepuluh orang,maka penghasilan dalam satu jam bisa mencapai Rp400 ribu.

Kalikan saja kalau bekerja dalam satu hari. Hal ini pastinya akan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Disabilitas dan Anak Yatim Bengkulu Selatan Diusulkan Dapat Bantuan Sosial

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Bengkulu Selatan,pihak pelaku UMKM Bengkulu Utara siap membagi ilmunya.

Dengan cara , Pemerintah Daerah membawa pelaku UMKM Bengkulu Selatan ke Bengkulu Utara atau sebaliknya. Yang penting untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Manna Expo, Ini Terobosan Baru Bupati Bengkulu Selatan Tarik Investor ke Daerah

"Apalagi untuk bahan baku,tentunya kita tidak akan kesulitan mendapatkannya.Apalagi Bengkulu Selatan adalah wilayah yang terbesar dalam perkebunan sawit diantara Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Sampai - sampai pelepah sawit tersebut tidak berguna dan sering dibakar. Kalau nantinya kita sudah mendapatkan ilmunya, maka bisa dimanfaatkan secara maksimal,"pungkas Edwin.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu