BREAKING NEWS: Gempa Bumi Tektonik Terjadi di Pantai Barat Bengkulu Utara

BREAKING NEWS: Gempa Bumi Tektonik Terjadi di Pantai Barat Bengkulu Utara

Terjadi gempa bumi di pantai Bengkulu Utara -Ist-

 

RADAR BENGKULU -  Hari Sabtu 02 Desember 2023 pukul 20.42.04 WIB wilayah Pantai Bengkulu Utara diguncang gempa tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,61° LS ; 101,92° BT, atau tepatnya berlokasi di laut wilayah Lais, Bengkulu Utara, Bengkulu pada kedalaman 107 km.

 BACA JUGA:Bisnis Pertashop di Bengkulu Terpuruk dan Diambang Kebangkrutan, Ini Faktor Utamanya

Jenis dan Mekanisme Gempa bumi, Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam slab Lempeng ( _intraslab_ ) Indo-Australia yang tersubduksi ke bawah Pulau Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( _thrust fault_ ).

 BACA JUGA:Menjaring Ikan, Warga Sawah Jangkung Ditemukan Meninggal Digulung Ombak

Dampak Gempa Bumi: Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kota Bengkulu dengan skala intensitas II-III MMI ( Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan daerah Mukomuko dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami

 BACA JUGA:Tunggakan Pajak Kendaraan Dinas di Bengkulu Capai Rp 16, 3 Miliar Jadi Sorotan

Gempa bumi Susulan:Hingga pukul 20.57 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan aftershock. (will)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: