KUR BRI Bantu Pelaku UMKM Bengkulu

KUR BRI Bantu Pelaku UMKM Bengkulu

Toko kue Gaza Food yang mendapatkan bantuan usaha KUR BRI--

RADAR BENGKULU - Akses terhadap permodalan selalu menjadi kendala utama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha. 

Namun, kendala itu pelan-pelan mulai terkikis dengan adanya program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Dijelaskan Pimpinan Cabang Bank BRI Kantor Cabang Bengkulu Tunjung Yudho Wahono Program kredit usaha rakyat (KUR) BRI merupakan program yang ditujukan untuk usaha kecil dan menengah (UKM).

"Sebagai bank penyalur Kredit Usaha Rakyat KUR terbesar di Indonesia, BRI terus menyalurkan KUR kepada masyarakat dalam mengatasi masalah permodalan," jelasnya, kemarin (1/12).

Selain menyalurkan KUR, lanjutnya, BRI berkomitmen akan terus berperan aktif membantu pemerintah dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha mikro di Bengkulu melalui financial literacy, social economic empowerment, digital penetration, dan penyaluran program-program Pemerintah.

"Hal ini untuk mendorong momentum pertumbuhan perekonomian grassroot serta untuk mendukung penyediaan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia, jadi  masyarakat khususnya pelaku UMKM bisa memanfaatkan salahsatu program kami dalam mencegah adanya pelaku UMKM yang terjerat dengan tengkulak," bebernya.

BACA JUGA:Peduli Pendidikan, BRI Serahkan Bantuan Mobil Operasional

Sementara itu, salahseorang pelaku UMKM di kota Bengkulu yang terbantu dengan adanya program KUR ini adalah Verizal, pengusaha yang mendirikan bisnis makanan olahan pisang dan pembuatan kue Samosa bersama istrinya.

Usaha yang diberi nama Gaza Food ini memproduksi olahan pisang dengan berbagai varian rasa di jalan lintas Surabaya kota Bengkulu itu baru dirintisnya sejak dua tahun yang lalu bermodalkan keahlian istrinya membuat kue dari olahan pisang.

"Usaha ini home industri mulainya sejak dua tahun lalu," terangnya.

Ia sebelumnya mengaku sempat terkendala biaya modal usaha sehingga produksinya pun terbatas. Ia pun memutuskan masuk menjadi UMKM binaan BRI dan mengambil dana KUR Rp 50 juta.

"Saya ambil KUR ini sangat membantu dalam permodalan usaha," sambungnya.

BACA JUGA:Jasa Raharja Bengkulu Sabet Tiga Penghargaan di Ajang Risk Management Award 2023

Ditambahkan, untuk mendapatkan dana KUR BRI katanya sangat mudah hanya dengan melampirkan identitas diri berupa KTP, Surat Keterangan Usaha serta tidak ada pembatasan minimal waktu pendirian usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: