Empat Kecamatan di Bengkulu Selatan Sudah Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Empat Kecamatan di Bengkulu Selatan Sudah Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Deklarasi terkait ODF agar nantinya Bengkulu Selatan bisa terbebas dari ODF-Fahmi-radarbengkulu

BACA JUGA:Ada Potensi Bencana Alam, Polres Bengkulu Selatan Gelar Rapat Lintas Sektoral Ops Lilin Nala

 

 Ini artinya, lanjutnya,  PR kita masih banyak untuk mencapai angka tersebut. Oleh sebab itu, penting bagi kita semua untuk merubah perilaku dan kebiasaan kita dari buang air besar sembarangan.

Adapun deklarasi yang disampaikan oleh Wakil Bupati Rifa’i Tajuddin,S.Sos secara umum menekankan kembali pentingnya Deklarasi ODF ini sebagai komitmen bersama untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih di masyarakat. Terutama perilaku sebagaian masyarakat yang masih buang air besar sembarangan.

 

Deklarasi ini juga sebagai tolok ukur bagi Pemerintah Daerah untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan Pemerintah Daerah dalam merubah perilaku masyarakatnya dari yang tidak sehat menjadi perilaku hidup sehat dan bersih.

“Setiap tahun ada penilaiannya. Karena, ini adalah program dari pusat. Oleh sebab itu bagi kecamatan yang belum 100% ODF, mohon untuk diidentifikasi letak masalahnya. Lakukan terus sosialisasi dan edukasi ke masyarakat. Bila perlu dan bila juga itu memungkinkan Pemda akan fasilitasi untuk pembuatan jamban bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Rifai.

 

Dalam hal ini Rifai  juga optimis apabila hal ini disikapi dan ditindaklanjuti dengan baik, maka 100% dalam waktu dekat Bengkulu Selatan akan bebas dari BAB sembarangan. 

"Artinya, kalau kita bersinergi dan saling bekerjasama, kita programkan dengan baik, dan jadikan ini sebagai skala prioritas di bidang kesehatan, saya yakin kurang dari 3 tahun permasalahan BAB sembarangan ini akan tuntas di Bengkulu Selatan,"pungkas Rifai.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu