Empat Kecamatan di Bengkulu Selatan Sudah Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Empat Kecamatan di Bengkulu Selatan Sudah Bebas Buang Air Besar Sembarangan

Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Deklarasi terkait ODF agar nantinya Bengkulu Selatan bisa terbebas dari ODF-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Saat ini  sekitar 72,8 persen masyarakat Bengkulu Selatan sudah bebas dari prilaku mising idar atau Buang Air Besar (BAB) Sembarangan .

Dari persentase tersebut ada empat kecamatan dari sebelas kecamatan di Bengkulu Selatan yang menyatakan bebas mising idar atau Open Defecation Free(ODF) yang artinya berkomitmen bersama untuk menerapkan perilaku hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan tidak buang air besar sembarangan.

BACA JUGA:Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan Rapat Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat, Ini Tujuannya

 

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Didi Ruslan,M.Kes mengatakan, keempat kecamatan yang sudah ODF atau 100 persen tidak ada lagi masyarakatnya yang buang air besar sembarangan. Yaitu Kecamatan Pasar Manna, Kota Manna, Pino Masat, Bunga Mas.

"Untuk menjadikan Bengkulu Selatan ODF 100 persen yang mana saat ini posisi kita berada di 72,8 persen, Dinas Kesehatan terus melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat untuk berperilaku hidup sehat  melalui pemberdayaan masyarakat. Yaitu,  dengan memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Diantaranya adalah dengan tidak buang air besar sembarangan atau mising idar," papar Didi  saat deklarasi Kamis, 21 Desember 2023.

BACA JUGA:Terima Kasih Mendalam, Kodim 0408 Bengkulu Selatan- Kaur Wujudkan Impian Warga Palak Siring

 

Artinya, membiasakan diri untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga yang menerapkan prinsip kehigienisan dalam pengolahannya serta terkait pengelolaan sampah dan limbah cair rumah tangga. “Kelima pilar inilah yang menjadi prioritas kita dan sekaligus menjadi tantangan berat bagi kami Dinas Kesehatan terkait masalah sanitasi.''

Berdasarkan data laporan dari Dinas Kesehatan, bahwa persentase desa bebas buang air besar sembarangan pada Tahun 2022 adalah sebesar 51%, dan per Desember 2023 mengalami peningkatan sebesar 72,8%.

BACA JUGA:564 Orang Pengurus Rumah Ibadah Bengkulu Selatan Diberi Insentif, Ini Harapannya

 

Dengan perincian, Kecamatan Kota Manna, Pasar Manna, Pino dan Bunga Mas telah mencapai 100% bebas dari BAB sembarangan, Air Nipis baru 20%, Ulu Manna 30%, Seginim 40%, Kedurang Ilir 66%, Pino Raya 71,4%, Manna 88% dan Kedurang 84,2%.

"Untuk mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Sehat, maka Bengkulu Selatan setidaknya harus mencapai angka persentase sebesar 80% masyarakatnya yang tidak lagi BAB sembarangan.''

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu