Bengkulu Berhasil Dapat Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Bangun Jalan Baru di Liku 9 Kepahiang

 Bengkulu Berhasil Dapat Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Untuk Bangun Jalan Baru di Liku 9 Kepahiang

Provinsi bengkulu akhirnya mendapat Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan Diberikan untuk Penanganan Longsor di Jalur Liku 9 dari pemerintah pusat-ist-

 

 

RADAR BENGKULU  -Informasi terbaru tentang pembangunan di dua titik longsor di jalur Liku 9, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah yang terletak di dalam kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Register V, mendapatkan Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (PPKH) darurat.

Keputusan ini diambil setelah hasil koordinasi dengan Ditjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan (PKTL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Syafnizar, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu, menyatakan bahwa izin tersebut diberikan karena kondisi darurat akibat bencana longsor di titik Liku 9. Pengajuan PPKH dijalankan sebagai solusi tunggal karena jalur Liku 9 merupakan akses transportasi satu-satunya.

"Konsultasi dengan pihak Ditjen PKTL telah dilakukan, dan izin lisan telah diperoleh sebagai dasar untuk penanganan darurat yang akan dilakukan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN)," ungkap Syafnizar.

BACA JUGA:Rawan Bencana, Bengkulu Utara Gelar Apel Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

BACA JUGA:Pelaku Pembakar Kantor Desa Muara Danau Seluma Diringkus, Dalangnya Masih Diburu

Proses perizinan ini melibatkan Kementerian PUPR dan Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan), dengan BPJN sebagai pengaju melalui Dirjen Bina Marga.

Gubernur hanya berperan sebagai fasilitator untuk menyatukan seluruh stakeholder guna mendukung persetujuan PPKH darurat.

Syafnizar menekankan pentingnya kelengkapan dokumen administrasi, termasuk surat komitmen bersama dari pemerintah daerah.

Dokumen ini sudah diserahkan, dan diharapkan proses administratif dan evaluasi dapat dilakukan secara paralel.

BACA JUGA:12 Makanan yang Mudah Menurunkan Kolesterol, Wajib Dicoba!

BACA JUGA:Ini 4 Tips Aman Berkendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: