DPK Provinsi Bengkulu Tekankan Pentingnya Akreditasi Perpustakaan Sekolah

DPK Provinsi Bengkulu Tekankan Pentingnya Akreditasi Perpustakaan Sekolah

Ada beberapa kendala utama yang dihadapi oleh perpustakaan yang belum siap diakreditasi, yaitu kekurangan buku koleksi dan ketidakpahaman beberapa sekolah -naura qristina-

RADAR BENGKULU - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), H. Meri Sasdi, M.Pd, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, M. Multazam, S.Pd, M.Pd, menyoroti keadaan perpustakaan di sekolah menengah masih banyak yang belum mendapatkan akreditasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd mengungkapkan secara konsisten mendorong satuan pendidikan, terutama SMA, SMK, dan SLB, untuk mempersiapkan akreditasi perpustakaan mereka. 

BACA JUGA:DPK Provinsi Bengkulu Dengan Menerapkan Membaca 15 Menit Setiap Harinya Supaya Minat Baca Meningkat

BACA JUGA:5 Tempat Kuliner Mie Ayam Khas China di Medan, Layak Dikunjungi Saat Liburan Imlek

Akreditasi ini penting untuk memastikan bahwa perpustakaan sekolah memenuhi standar nasional.

Instrumen penilaian akreditasi meliputi 9 (sembilan) komponen yaitu koleksi perpustakaan, sarana prasarana, pelayanan, tenaga, penyelenggaraan perpustakaan, pengelolaan perpustakaan, inovasi dan kreativitas, Tingkat Kegemaran Membaca atau TGM, serta Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat atau IPLM. 

“Kami mengajak sekolah untuk menentukan perpustakaan mana yang ingin diakreditasi sesuai permintaan sekolah. Jika sekolah siap diakreditasi, kami akan memberikan bimbingan dan arahan agar persiapan akreditasi dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya. 

Akreditasi perpustakaan sekolah merupakan peluang bagi perpustakaan sekolah untuk melakukan perbaikan kualitas perpustakaan sekolah.

Akreditasi perpustakaan sekolah bukan hanya menjadi tanggung jawab tenaga pengelola perpustakaan atau pustakawan, tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak yang ada di sekolah tersebut. 

BACA JUGA:Tampilan Sepeda Motor Listrik Uwinfly T3 Retro Banget, Bikin Penasaran Ingin Mencoba, Simak Kelebihannya

BACA JUGA:Desain dan Fitur Menarik! Berikut Harga dan Spesifikasi Sepeda Motor Listrik Exotic Vito

Agar akreditasi perpustakaan sekolah mendapatkan hasil yang maksimal, maka semua pihak yang ada di sekolah tersebut harus bekerjasama dan berinovasi sehingga dapat memperoleh nilai yang maksimal.

 

Sebagai perpustakaan induk, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu selalu berupaya untuk mendorong perpustakaan sekolah untuk melaksanakan akreditasi perpustakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: