Harga TBS Kelapa Sawit Bulan Maret di Bengkulu Naik Lagi, Bisa Mendongkrak Kesejahteraan Petani

Harga TBS Kelapa Sawit Bulan Maret di Bengkulu Naik Lagi, Bisa Mendongkrak Kesejahteraan Petani

Update harga TBS sawit bulan Maret di provinsi Bengkulu dan dampaknya bagi petani -Ist-

 

 

RADAR BENGKULU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit mengalami kenaikan pada bulan Maret ini dibandingkan bulan Februari.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M. Rizon, S.Hut., M.Si., melalui Kepala Sub Koordinator Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Johan Syahmeri, S.P., M.P., harga TBS saat ini di Bengkulu mencapai Rp 2.489,25 per kilogram, sedangkan pada bulan Februari lalu hanya Rp 2.253,86 per kilogram.

BACA JUGA:Salah Input Nilai Siswa di PDSS, Kinerja SMA N 5 Kota Bengkulu Dievaluasi

BACA JUGA:BYD Dolphin Versi Murah Dirilis, Harga Rp 200 Juta, yuk Buruan Beli

"Kenaikan harga ini tentu sangat menggembirakan bagi para petani sawit di Bengkulu. Semoga harga ini tidak turun lagi, bahkan kalau bisa terus naik, terutama menjelang bulan suci Ramadan. Petani pun bisa menikmati hasil panen kelapa sawit dengan hidup yang lebih sejahtera," ujar Johan.

Kenaikan harga TBS ini dipicu oleh naiknya Indeks Ketetapan Harga (IDK) dari 83 poin pada bulan Februari menjadi 86 poin pada bulan Maret.

BACA JUGA:Hp POCO M5 Turun Harga Hingga 1 Jutaan Saja, Spek Masih Mantap Dilengkapi NFC

"Namun, kenaikan harga ini juga harus diiringi dengan upaya dari para petani untuk memanen buah kelapa sawit dengan kualitas yang bagus. Jika hasil panennya bagus, harga pun akan terus stabil," kata Johan.

 

Menjelang bulan Ramadan, Dinas TPHP Provinsi Bengkulu telah mengantisipasi agar harga TBS tidak mengalami penurunan.

 

"Kami telah menggelar rapat awal dengan perusahaan pabrik sawit agar tidak terjadi gejolak harga selama Ramadan," kata Johan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: