Mengesankan, Total Ekspor Batu Bara dari Bengkulu Mencapai 3,9 Juta Ton

Mengesankan, Total Ekspor Batu Bara dari Bengkulu Mencapai 3,9 Juta Ton

Ekspor Batu Bara Bengkulu Mencapai Puncak Tertinggi di tahun 2023 mencapai 3,9 juta ton-Solar industri-

RADAR BENGKULU - Produksi batu bara dari Bengkulu patut diperhitungkan. 

Buktinya di tahun 2023, provinsi Bengkulu telah mengekspor baru bara sebanyak 3,9 juta ton, ini tentunya angka ekspor yang sangat mengesankan.

Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu menjadi saksi bisu dari kemegahan ekspor batu bara Bengkulu yang mencapai puncak tertinggi selama tahun 2023. 

BACA JUGA:Jalani Strategi Nasional tentang Pencegahan Korupsi, PT Pelindo 2 Bengkulu Terapkan Program STID di Pulau Baai

BACA JUGA:Pengembangan Kawasan Industri di Pulau Baai Bengkulu Berlanjut, PT Pelindo Target 410 Hektar Tuntas jadi KEK

Menurut General Manager Pelindo Regional II Bengkulu, S. Joko, ekspor batu bara dari provinsi ini mencapai angka mengesankan. Yakni sebanyak 3.9 juta ton.

Pernyataan ini disampaikannya pada Sabtu, 16 Maret 2024 dalam pemaparan bersama Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah 2024.

Provinsi Bengkulu, dengan kandungan perut bumi yang melimpah, terutama batu bara sebanyak 133 juta ton, menempatkannya sebagai salah satu produsen terkemuka.

Menurut estimasi, cadangan batu bara ini tidak akan habis dalam 20 tahun ke depan.

BACA JUGA:Harga Toyota Rush Bekas Menjelang Bulan Puasa Turun Murah, Berikut Daftar Lengkapnya

 

"Bengkulu ini salah satu Provinsi kandungan perut buminya adalah batu bara sebanyak 133 juta ton. Artinya, tidak akan habis 20 tahun kalau di ekspor setahun 5 juta ton. Seperti contoh ekspor batu bara keluar dari Pèlabuhan Pulau Baai tahun 2023 kita sekitar 3,9 juta ini yang menjadi PAD luar biasa," kata S.Joko.

Data menunjukkan bahwa ekspor batu bara sebesar 3.9 juta ton pada tahun 2023 lalu, mayoritas diangkut melalui kapal-kapal vessel dengan kapasitas bervariasi, antara 30 ribu hingga 50 ribu ton, serta kapal tongkang dengan muatan sebesar 6.000 hingga 9.000 ton.

BACA JUGA:Khasiat Akar Alang Alang untuk Berbagai Penyakit, Dari Hipertensi hingga Radang Ginjal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: