Memaknai Nuzulul Quran

 Memaknai Nuzulul Quran

Dori Setiawan. M.Pd-Adam-radarbengkulu

 

Hadirin sidang Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Banyak sekali keistimewaan yang bisa kita dapatkan dari Al-Quran. Apalagi seseorang mau membaca dan mengamalkannya di Ramadan. Diantara empat keistimewaan Al-Quran yaitu :

 

1. Menjadi Pedoman, Petunjuk, dan Rahmat Bagi Manusia

Didalam menjalani kehidupan, agar manusia berada dalam kebenaran, maka manusia butuh pedoman dan petunjuk. Al-Quran adalah petunjuk Allah.

Oleh karenanya, manusia harus menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk kehidupannya agar bisa hidup dengan baik dan nyaman. Allah berfirman yang artinya: "(Al-Quran) ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini." (QS Al Jasiyah Ayat 20)

 

2. Menjadi Obat Bagi Manusia

Bahwa dalam waktu tertentu, terkadang manusia merasa kurang nyaman dalam hidupnya. Baik secara dhahir maupun batin. Ketidaknyamanannya itu membutuhkan pengobatan sesuai dengan penyakitnya. Al-Quran diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat bagi manusia yang merasa dalam hidupnya mengalami ketidaknyamanan.

Allah SWT berfirman yang artinya: ‘’Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.’’ (QS. A-Isra/17: 82)

 

3. Menjadi Pemelihara dan Mempertahankan Martabat Kemanusiaan

Al-Quran mengajarkan manusia bagaimana cara untuk mempertahankan martabat yang tinggi. Yakni, memelihara dan mempertahankannya dengan iman dan kebajikan.

Hal ini diajarkan dalam ayat berikut yang artinya: "Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan; maka mereka akan mendapat pahala yang tidak ada putus-putusnya." (QS At-Tin Ayat 6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu