Ini Dia Penyebab Angka Kemiskinan Sulit Turun di Bengkulu Selatan

Ini Dia Penyebab  Angka Kemiskinan Sulit Turun di Bengkulu Selatan

Kepala Dinas Sosial , Efredy Gunawan,S.STP.M.Si-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Persentase penduduk miskin di Kabupaten Bengkulu Selatan per data per 30 November 2023 tercatat 17,51 persen.

Jumlah ini turun 0,35 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang dilaporkan 17,86 persen. Sulitnya turun angka kemiskinan ini salah satu faktornya ada dimasyarakat itu sendiri.

BACA JUGA:Tidak Pakai Lama, Usai Terima Laporan Masyarakat, Pohon Tua Langsung Ditebang BPBD Bengkulu Selatan

 

Berdasarkan hasil koordinasi Dinas Sosial dengan pihak Badan Pusat Statistik (BPS) masih banyak masyarakat yang tidak jujur.

Kepala Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Efredy Gunawan S.STP.M.Si menyampaikan, pihaknya pernah bertanya kepada petugas sensus BPS Bengkulu Selatan,bahwa masih banyak masyarakat yang tidak jujur saat ditanyai terkait kehidupan sehari - hari,serta harta yang dimiliki.

BACA JUGA:Wakil Bupati Bengkulu Selatan Buka TEPRA Triwulan I

 

"Tentu saja dengan jawaban seperti itu, kriterianya termasuk dalam katagori miskin. Padahal berbagai macam bantuan sudah kita berikan dari Kementerian Sosial. Apalagi ada yang perbulan. Seperti BPNT dan PKH masa sudah bertahun- tahun tidak juga berubah kehidupan masyarakat tersebut,"papar Efredy diruang kerjannya Kamis, 28 Maret 2024.

Bahkan perkembangan persentase penduduk miskin dalam 10 tahun di Kabupaten Bengkulu Selatan dalam tren turun, bergerak dari kemiskinan sebesar 21,91 persen menuju ke 17,51 persen.

BACA JUGA:26 Petani di Bengkulu Selatan Merasakan Manfaat Program Baby Tree dan Terima Insentif Rp 144 Juta

 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), total penduduk pada 2023 lalu di Kabupaten Bengkulu Selatan ini berjumlah 173,13 ribu jiwa.

Kalau dibandingkan dengan wilayah lain di Bengkulu, persentase penduduk miskin di kabupaten Bengkulu Selatan masuk dalam daftar urutan tiga besar.Wilayah lain dengan persentase penduduk miskin diurutan dua teratas di provinsi Bengkulu adalah Seluma 18 persen dan Kaur 17 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu