Rumah Cahaya Kesehatan Bengkulu Selatan Bantu Urusan Warga Berobat

 Rumah Cahaya Kesehatan Bengkulu Selatan  Bantu Urusan Warga Berobat

Tim RCK saat memberikan Takjil kepada pasien yang ada di RSUD Hasanudin Damrah Bengkulu Selatan -Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU -  Rumah Cahaya Kesehatan (RCK) Bengkulu Selatan membantu masyarakat yang berurusan kalau ada salah satu keluarga yang sakit dan berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Hasanudin Damrah Bengkulu Selatan

Sekretaris RCK Bengkulu Selatan, Icha Herman didampingi Ela Kesumawati sebagai bendahara menyampaikan, kegiatan ini dilakukannya berawal melihat susahnya keluarga pasien  berurusan kalau ada salah satu keluarga yang sakit saat berobat di rumah sakit.

BACA JUGA:Tunggakan Pelanggan Listrik di Bengkulu Selatan Mencapai Rp 1 Miliar Lebih

 

Terbentuknya RCK ini, lanjutnya, karena ingin membantu masyarakat yang mempunyai anggota keluarga yang sedang sakit. Terkhusus untuk anak berumur 0 sampai 17 tahun. Karena, kalau pasien itu harus dirujuk, masih banyak masyarakat yang belum mengerti cara berurusan.

"Dengan berdirinya RCK ini, kita sendiri sudah  tiga tahun harus bolak balik keluar daerah untuk membuat anak kami sendiri sembuh dari penyakit ginjalnya. Bahkan kami sudah merasakan bagaimana susahnya kalau kita mau berurusan didaerah lain,"papar Icha di RSHD Manna, Jumat, 29 Maret 2024.

BACA JUGA:Ini Dia Penyebab Angka Kemiskinan Sulit Turun di Bengkulu Selatan

 

Dengan RCK ini, pihaknya juga siap merangkul kalau ada masyarakat yang membutuhkan bantuan. Pihaknya siap memfasilitasi karena terkait biaya dan sebagainya. Bahkan juga memikirkan kehidupan didaerah lain kalau sampai pasien tersebut harus dirujuk ke rumah sakit daerah lain. Seperti di Jakarta.

Saat ini RCK, pihaknya sudah bekerjasama dengan pihak yang ada di Jakarta. Seperti untuk rumah singgah. Bahkan pihaknya tidak akan tinggal diam. Keluarga pasienpun akan dilakukan pendampingan dalam pengurusan semua halnya di daerah tersebut.

BACA JUGA:Tidak Pakai Lama, Usai Terima Laporan Masyarakat, Pohon Tua Langsung Ditebang BPBD Bengkulu Selatan

 

"Kehadiran RCK ini agar masyarakat yang ada keluarganya yang harus dirujuk kerumah sakit lain seperti di Jakarta akan mendapatkan kemudahan dalam pelayanan  untuk mendapatkan kesembuhan tersebut.Bahkan saat ini khusus untuk dokter anak yang ada di Bengkulu Selatan selalu mengarahkan ke kami untuk memfasilitasi dalam menjalani rujukan tersebut,"ungkap Icha.

Bagi masyarakat, lanjutnya, jangan malu untuk menghubungi RCK.Nantinya pihak RCK akan memberangkatkan atau memfasilitasi sampai nantinya pasien tinggal berangkat tanpa harus mengeluarkan biaya. Pihak keluarga hanya menyiapkan ongkos saja. Semua hal lain yang tidak ditanggung BPJS seperti konsumsi,tempat tinggal,akan dibiayai oleh rumah singgah yang ada disana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu