Saat Idul Fitri, Ini 5 Tips Untuk Atasi Anxiety Saat Kumpul Keluarga, Nomor 3 Dianjurkan

Saat Idul Fitri, Ini 5 Tips Untuk Atasi Anxiety Saat Kumpul Keluarga, Nomor 3 Dianjurkan

berikut 5 tips yang dapat atasi anxiety saat kumpul bersama keluarga pada hari raya idul fitri-poto nnc-

RADAR BENGKULU - Hari raya idul fitri merupakan sebuah momen yang akan dirayakan bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja dalam suasana meriah. 

Namun, bagi mereka yang menderita gangguan anxiety sosial, hal ini bisa jadi tidak tertahankan dan melumpuhkan untuk mereka. 

Mereka yang terkena fobia sosial ini mengalami hal ini setiap hari. Saat perayaan sudah dekat, keadaan bisa menjadi lebih sulit.  

Andrea Taylor, PhD , psikolog klinis berlisensi di Dokter UT, berbagi keahliannya tentang bagaimana cara supaya dapat mempersiapkan diri untuk pertemuan sosial.

Dilansir dari utphysicians, berikut 5 tips yang dapat atasi anxiety saat kumpul bersama keluarga pada hari raya idul fitri. 

1. Ubah cara berpikir Anda

BACA JUGA:4 Tanda Kalau Kamu Seorang Overthinker, Salah Satunya Memiliki Sifat Perfeksionis yang Berlebihan

BACA JUGA: Ketulusan Hati dan Sifat Negarawan Prabowo Subianto Getarkan Indonesia, Banyak yang Kagum Pernyataan Penutup

Cara Anda berpikir tentang suatu situasi memengaruhi cara Anda berperilaku.

Metode terapi perilaku kognitif ini mengubah persepsi Anda dari skenario terburuk menjadi skenario yang tidak seburuk yang dirasakan oleh kecemasan, dan dapat meredakan kekhawatiran. 

Fokus pada diri sendiri dan kurangi reaksi orang lain.

Taylor mencatat untuk menghindari mencoba membaca pikiran orang lain yang dapat mempengaruhi bagaimana kita berperilaku dalam situasi sosial.

“Gagasan dievaluasi secara negatif karena takut tidak mengatakan atau melakukan hal yang benar, dapat menyebabkan kekhawatiran yang intens dan fokus pada diri sendiri alih-alih berfokus pada aktivitas atau percakapan,” kata Taylor, yang merupakan asisten profesor di Louis A. Faillace, MD, Departemen Psikiatri dan Ilmu Perilaku di McGovern Medical School di UTHealth Houston. 

2. Rencanakan pokok pembicaraan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: