Kondisi Alur Pulau Baai Terus Mengalami Pendangkalan, Jika Dibiarkan Maka Bisa Mengancam Ekonomi Bengkulu

Kondisi Alur Pulau Baai Terus Mengalami Pendangkalan, Jika Dibiarkan Maka Bisa Mengancam Ekonomi Bengkulu

Pendangkalan Alur Pulau Baai Ancam Perekonomian Bengkulu, Kondisinya harus segera diatasi oleh pemerintah-Ist-

RADAR BENGKULU - Alur Pelabuhan Pulau Baai semakin mengkhawatirkan dengan kedalamannya yang kini hanya tersisa sekitar 3,5 meter. Hal ini mengakibatkan kapal-kapal besar tidak dapat bersandar di pelabuhan terbesar di Provinsi Bengkulu tersebut.

Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu, H Suharto SE MBA menegaskan urgensi penyelamatan Pelabuhan Pulau Baai dari pendangkalan alur tersebut.

Dampaknya, jika kondisi ini terus berlanjut, akan menghambat perekonomian Bengkulu secara signifikan.

"Dangkalnya alur pelabuhan harus segera mendapatkan solusi cepat. Kita tidak ingin kebutuhan masyarakat terhambat," tegas Suharto pada Kamis, 25 April 2024.

Menurutnya, pemerintah daerah dan pihak terkait, termasuk PT Pelindo Bengkulu dan pemerintah pusat, harus segera mencari solusi alternatif agar distribusi barang-barang vital seperti BBM, sembako, pupuk, dan kebutuhan masyarakat lainnya tidak terganggu.

BACA JUGA:Jadi Calon Wabup Primadona, Wasri Bilang Belum Ada yang Serius Meminang untuk Pilbup Mukomuko

BACA JUGA:Masyarakat Kota Bengkulu Kebingungan Mau Membuang Sampah, Pemkot Jangan Diam Saja

"Kalau tidak segera diselamatkan pendangkalan itu, harus ada alternatif lain agar kebutuhan masyarakat tidak terganggu," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi S.Sos M.Si, mengungkapkan bahwa Gubernur Bengkulu, Prof H Rohidin Mersyah telah melakukan pertemuan dengan Direktur Pelindo pada akhir Maret 2024 untuk menyelesaikan masalah pendangkalan alur Pelabuhan Pulau Baai.

"Pelindo telah menyatakan komitmennya untuk melakukan pengerukan alur pelabuhan. Saat ini sedang dalam proses lelang di Kementerian Perhubungan," jelas Bambang.

BACA JUGA:Mobil Bekas Toyota Agya Rakitan 2016-2018 Harganya Sudah Terjangkau, Kini Dijual 85 Juta Saja

BACA JUGA:Daftar Nama Tokoh Politik dan Pengusaha yang Berpeluang Dampingi Helmi Hasan di Pilgub Bengkulu 2024

Meskipun belum ada kepastian kapan pengerukan akan dimulai, dokumen lelang sudah hampir selesai.

Bambang juga menyoroti bahwa pendangkalan alur telah terjadi sejak beberapa tahun lalu akibat penyanggah kolam yang terbuka, lebih dari 1 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: