Dewan Pers Ingatkan Agar Media Menciptakan Ruang Publik yang Kondusif Selama Pilkada Serentak Tahun 2024

Dewan Pers Ingatkan Agar Media Menciptakan Ruang Publik yang Kondusif Selama Pilkada Serentak Tahun 2024

Dewan Pers gelar Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 di Provinsi Bengkulu Tujuannya agar terciptanya ruang publik yang kondusif-naura qristina-

RADAR BENGKULU - Dewan Pers gelar Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 di Provinsi Bengkulu yang dilaksanakan di Hotel Mercure Bengkulu, pada Kamis 2 Mei 2024.

Pada tahun 2024 ini akan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat kabupaten, kota dan provinsi secara serentak nasional yang akan diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan. 

Tujuan dari digelarnya kegiatan ini adalah agar terciptanya ruang publik yang kondusif, sehat dan bersih dari berita palsu atau fake news serta hoaks. 

BACA JUGA:Dihadiri Kakanwil Kemenag, Ini Pesan Kepala MTsN 1 Kota Bengkulu Saat Perpisahan dengan Siswa Kelas IX

BACA JUGA:Harga HP Andalan Samsung Galaxy S20 Ultra Turun Lebih Murah di Tahun 2024, Yuk Intip

BACA JUGA:Infinix GT 20 Pro Resmi Luncurkan Ponsel Gaming Dengan Lampu RGB dan Layar 144Hz

Selain itu, mengawasi pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik juga hal penting dan memberikan pertimbangan hingga mengupayakan penyelesaian pengaduan masyarakat atas kasus-kasus yang berhubungan dengan pemberitaan Pers. 

Jadi peran Pers melakukan edukasi melalui informasi yang proporsional tentang Pemilu dan Pilkada, sehingga masyarakat dapat diajak untuk berperan serta mengawasi tahapan persiapan pelaksanaan, penyelenggaraan, termasuk peserta Pemilu dan Pilkada. 

Interaksi masyarakat dalam pemberitaan Pemilu dan Pilkada oleh Pers akan sangat membantu untuk melihat parameter tingkat kesuksesan persiapan Pemilu dan Pilkada. 

Kemudian pembukaan pada kegiatan ini yang dibuka oleh Anggota Dewan Pers, Tri Agung Kristanto yang memberikan pengarahan pentingnya persiapan menyeluruh setiap daerah menjelang dua agenda besar nasional tahun 2024 ini, yaitu Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Dalam hal ini juga ketika dua agenda besar ini diharapkan agar terjaga keamanannya dan tetap kondusif supaya dapat berjalan dengan damai dan aman. 

Dalam sesi pertama ada beberapa topik penting yang diberikan dari berbagai narasumber, yaitu salah satunya peran, fungsi, tanggung jawab posisi pers dan wartawan terkait pilkada yang dibawakan langsung oleh Anggota Dewan Pers yang sekaligus sebagai Ketua Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi, Tri Agung Kristanto. 

BACA JUGA:Spesifikasi Baterai Samsung Galaxy S25 Ultra Baru-Baru Ini Diumumkan dan Ada Kabar Buruknya

Narasumber dalam workshop ini berasal dari berbagai institusi, seperti Rusman Sudarsono (Ketua KPUD Provinsi Bengkulu), Fahamsyah (Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu), Sujiwo Tejo (Wartawan Senior), Albertice Rolando Thomas (Ketua KPID Bengkulu) dan Mathias Toto Suryaningtyas (Kompas).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: