Provinsi Bengkulu Target Dapat Menanam Padi Gogo Seluas 24 Ribu Hektar

Provinsi Bengkulu Target Dapat Menanam Padi Gogo Seluas 24 Ribu Hektar

Provinsi Bengkulu Target Dapat Menanam Padi Gogo Seluas 24 Ribu Hektar-Ist-

 

RADAR BENGKULU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu terus menggalakkan berbagai upaya untuk memperluas areal pertanian di wilayah Bengkulu.

Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, M. Rizon, menyatakan Bengkulu ditargetkan dapat memperluas areal tanam hingga 24 ribu hektar (Ha) melalui program optimalisasi lahan dan inisiatif lainnya seperti penanaman padi gogo.

BACA JUGA:Beruang Madu Serang Petani Karet Lubuk Terentang Sampai Luka Robek, Kondisinya Sudah Membaik

BACA JUGA: TNI Bengkulu Selatan Laksanakan Gerakan Tanam Padi Gogo, Menjaga Kestabilan Pangan Nasional

Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Bengkulu.

M Rizon melanjutkan sesuai dengan program dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia, terdapat beberapa inisiatif yang dilakukan untuk mendukung perluasan areal tanam padi gogo.

Inisiatif tersebut antara lain melalui optimalisasi lahan dan program pompanisasi, yang bertujuan untuk menyediakan pompa air bagi kawasan yang kesulitan air guna mendukung sistem pertanian.

BACA JUGA: Kementerian Pertanian Lakukan Penanaman Padi Gogo di Kecamatan Taba Penanjung

BACA JUGA:Mobil Listrik Chery Omoda E5 Warna Baru dan Fitur Canggih, Harganya Segini Saja

“Optimalisasi lahan berarti mengoptimalkan lahan yang selama ini belum termanfaatkan atau tidak terawat dengan baik. Melalui program pompanisasi, kita juga berupaya meningkatkan optimalisasi lahan. Selain itu, terdapat juga program pemanfaatan lahan kering dengan penanaman padi gogo,” ujar M. Rizon kepada RADAR BENGKULU, Minggu, 2 Juni 2024.

Untuk mempercepat program perluasan areal tanam ini, M. Rizon menjelaskan bahwa bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementan RI dalam bentuk pompa air telah mulai disalurkan ke beberapa kabupaten di Bengkulu.

BACA JUGA:Pelan Tapi Pasti, Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Kabupaten Seluma Tahun 2024 Berlanjut

Bantuan tersebut diharapkan dapat mengatasi permasalahan air di lahan-lahan pertanian yang sumber airnya berada lebih rendah dari areal sawah atau jaringan irigasinya kurang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: