Provinsi Bengkulu Target Dapat Menanam Padi Gogo Seluas 24 Ribu Hektar

Provinsi Bengkulu Target Dapat Menanam Padi Gogo Seluas 24 Ribu Hektar

Provinsi Bengkulu Target Dapat Menanam Padi Gogo Seluas 24 Ribu Hektar-Ist-

“Mudah-mudahan bantuan pompa air ini bisa membantu kita menghadapi El Nino. Jika El Nino benar-benar terjadi, kita sudah siap mengantisipasinya dari awal.” 

Dinas TPHP Provinsi Bengkulu sendiri menargetkan pemanfaatan dan penanaman padi gogo hingga 7 ribu hektar.

Serta, optimalisasi lahan rawa atau melalui program pompanisasi di angka sekitar 10 ribu hektar yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

“Ini adalah gerakan yang kita mulai sekarang dengan CPCL (Calon Petani dan Calon Lokasi) yang sudah ada. Pompanya juga sudah mulai didistribusikan dan diserahkan. Mudah-mudahan benihnya bisa didistribusikan tahun ini dan kita bisa memulai penanaman.” 

Selain itu, Dinas TPHP juga akan mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Di pulau terluar Bengkulu tersebut tercatat ada sekitar 800 hektar potensi lahan sawah baru.

“Masyarakat disana meminta agar lahan yang belum termanfaatkan dioptimalkan. Kita akan berupaya bekerja sama dengan kementerian untuk mencetak sawah di sana. Semoga bisa direalisasikan tahun ini.” 

Dengan berbagai upaya program perluasan areal tanam tersebut, M. Rizon berharap produktivitas pertanian di Bengkulu, khususnya produksi padi, dapat meningkat kembali.

“Pada tahun sebelumnya, kita mengalami penurunan produksi padi mencapai 19 persen. Mudah-mudahan penurunan itu tidak terjadi lagi dan justru ada peningkatan, itulah harapan kita,” pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: