Ini Pesan Bupati Gusnan Mulyadi, 84 Kelompok Tani Bengkulu Selatan Dapat Bantuan Pompa Air

Ini Pesan Bupati Gusnan Mulyadi, 84 Kelompok Tani Bengkulu Selatan Dapat Bantuan Pompa Air

Pembagian pompa air oleh Bupati Bengkulu Selatan kepada kelompok tani-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Sebanyak 84 kelompok tani mendapatkan pompa air yang tersebar disebelas Kecamatan yang ada tentunya dengan adanya bantuan pompa air ini.

Proses masa tanam tidak akan lagi terganggu dengan kendala musim, yaitu musim kemarau tinggal petani mencari titik sumber air.

BACA JUGA:Dinas Perhubungan Bengkulu Selatan Lakukan Penataan PKL, Ini Masalahnya

 

Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, SE.MM menyampiakan dengan harapan petani yang ada tidak lagi tergantung dengan air tadah hujan untuk mengairi persawahannya. Bahkan dalam satu tahun untuk masa tanam bisa dilakukan sebanyak tiga kali yang artinya dalam satu tahun jumlah panen akan bertambah.

"Apalagi dalam satu unit pompa air,kita rasa bisa mengairi persawahan seluas sepuluh hektaran. Artinya dengan pembagian 84 pompa 840 ribu hektar setiap tahunnya. Dengan adanya pompa ini mengantisipasi dengan kondisi musim yang tidak menentu,terutama musim kemarau walaupun dari informasi yang kita terima musim kemarau kali ini tidak diiringi elnino,"papar Gusnan di lapangan Dinas Pertanian Rabu (05/06).

BACA JUGA:Pemda Bengkulu Selatan Buka Peluang Investasi Untuk Sektor Ini

 

Adapun yang disampaikan oleh Dandim BS Kaur  Letkol Czi Bambang Santoso SH MSDS dengan adanya bantuan ini diharapkan petani bisa memaksimalkan masa tanam. Apalagi saat ini pihaknya juga mempunyai program  penambahan area penanaman padi sawah,bukan hanya itu pihaknya juga melakukan  penanaman padi Gogo dilahan - lahan yang memenuhi syarat tanam. 

Apalagi saat ini banyak sekali alih fungsi lahan,dari persawahan menjadi perkebunan,sehingga harus dilakukan inovasi sehingga terciptanya swasembada pangan.

BACA JUGA:Ikuti Aturan dan SOP, Polres Bengkulu Selatan Terima 35 Siswa Latihan Kerja

 

Untuk area tanam padi Gogo ini khsusus Bengkulu Selatan seluas 547 bersama Dinas Pertanian Kabupaten  hektar, ditambah lagi khusus Kodimnya 200 hektar diluar Jagung dan padi sawah bahkan diluar 12.000 hektar Bengkulu Selatan  yang dicanangkan Kementerian pertanian bersama TNI dan untuk Kaur area padi Gogo sekitar 1000 hektar lebih diluar 15.000 padi sawah.

"Untuk benih padi sudah kita sebar disetiap wilayah yang menjadi titik area padi Gogo, tetapi memang tidak sekaligus akan dilakukan bertahap setiap Minggunya. Nantinya disetiap area yang sudah mendapatkan bibit serta pompa air secara berguyur mereka akan menanamnya,"pungkas Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu