Pemprov Bersama Kementerian PUPR RI Finalisasi Penataan DDTS Bengkulu: Unsur Budaya Adat Lembak Disematkan

Pemprov Bersama Kementerian PUPR RI Finalisasi Penataan DDTS Bengkulu: Unsur Budaya Adat Lembak Disematkan

Pemprov Bersama Kementerian PUPR RI Finalisasi Penataan DDTS Bengkulu: Unsur Budaya Adat Lembak Disematkan-Poto PUPR bengkulu-

RADAR BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA menjelaskan perkembangan penataan lanjutan kawasan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS).

Menurutnya saat ini memasuki tahap penyelesaian Detail Engineering Design (DED) atau dokumen desain teknis bangunan.

DED ini mencakup gambar teknis kawasan, spesifikasi teknis dan umum, serta volume dan biaya penataan.

BACA JUGA:PPNI dan Gemawasbi Kritisi Pelantikan Direktur Utama RSMY Bengkulu

BACA JUGA:Mengkhawatirkan, Ekosistem Kuno Danau Baikal Beresiko Mengalami Perubahan Akibat Pemanasan Global

Penyelesaian DED ini dibahas dalam Forum Group Discussion (FGD) I Perencanaan Penataan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) di Provinsi Bengkulu yang diadakan pada Jumat, 7 Juni 2024 di Veranda Hotel Pakubuwono, Kebayoran Baru, Jakarta.

"Saya akan bahas dan finalisasi di Kementerian PUPR. Kita akan finalisasi DED-nya dan anggarannya juga sudah tersedia," ujar Gubernur Rohidin 

Gubernur Rohidin menjelaskan bahwa penataan kawasan DDTS bertujuan menjadikannya sebagai destinasi wisata alam berbasis budaya lokal. 

BACA JUGA: Cantik Banget, Keindahan Alam Tapan Busik Cugung Abas di Kawasan Danau Dendam Tak Sudah

BACA JUGA:Penataan Wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) Dimulai, 39 Pedagang Diminta Kosongkan Lokasi Sebelum 30 Desembe

"Kita ingin memastikan kawasan DDTS ini menjadi wisata alam berbasis wisata lokal. Dengan adat lembak, tokoh-tokoh lembak, dan narasi-narasi yang mencerminkan ritual budaya di sekitar danau dendam itu dapat diakomodir," ungkapnya.

Penataan tahap pertama kawasan DDTS telah dimulai sejak tahun 2021 oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu dengan pembebasan lahan yang menelan anggaran sekitar Rp 30 miliar.

BACA JUGA:Wisata Danau Dendam Tak Sudah Terus Dipercantik, Cek Ada yang Baru Tentang Lokasi Wisata Ini

Pada tahun 2023, dilakukan pemindahan jalan elevated dengan anggaran sekitar Rp 80 miliar, sehingga total APBD Provinsi Bengkulu yang telah digunakan mencapai sekitar Rp 115 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: