Cara Pemprov Bengkulu Antisipasi dan Penanggulangan Bencana Alam

Cara Pemprov Bengkulu Antisipasi dan Penanggulangan Bencana Alam

Antisipasi Daerah Rawan Bencana, Pemprov Bengkulu Siapkan Rencana kontinjensi-Ist-

RADAR BENGKULU - Dalam upaya antisipasi dan penanggulangan bencana alam di daerah rawan, Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu menyiapkan berbagai rencana kontinjensi bencana.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si, mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan berbagai upaya mitigasi untuk mengurangi dampak bencana di wilayah ini.

BACA JUGA:Mercedes-Benz Umumkan Harga SUV Baru E450 Seharga Rp 1 Miliar, Berikut Keunggulannya

"Mitigasi bencana ini penting dilakukan. Kami sedang mempersiapkan berbagai langkah mitigasi di Provinsi Bengkulu. Untuk bencana alam yang disebabkan iklim, kita sudah siapkan langkah-langkahnya. Demikian pula untuk bencana alam seperti gempa, kami juga sudah mempersiapkan upaya-upaya mitigasinya, termasuk penyusunan rencana kontinjensi dan rancangan penanganannya," jelas Herwan Antoni.

BACA JUGA:Ini Daftar Nama Bakal Calon Gubernur Bengkulu Tahun 2024, Siapa Terkuat?

Ia menambahkan bahwa saat ini BPBD Provinsi Bengkulu tengah mempersiapkan dua rencana penanggulangan bencana yang meliputi penanggulangan secara keseluruhan untuk wilayah Bengkulu dan rencana kontinjensi khusus untuk banjir di tingkat provinsi.

"Kemarin, kami juga sudah menyusun rencana untuk kontinjensi gempa dan tsunami," tambahnya.

Herwan juga mengimbau agar pemerintah kabupaten/kota di Bengkulu menyusun rencana kontinjensi serupa seperti yang telah dilakukan BPBD tingkat provinsi.

Namun, jika ada kendala seperti keterbatasan anggaran, kabupaten/kota bisa menggunakan rencana kontinjensi provinsi yang sudah disusun.

BACA JUGA:Benny Atau M Saleh yang Akan Diusung Hanura di Pilwakot Bengkulu 2024, Bambang: Minggu Ini Diumumkan

"Penggunaan rencana kontinjensi provinsi bisa dilakukan tanpa perlu membuat yang baru. Rencana kontinjensi penanganan bencana yang ada di provinsi hampir sama dengan yang diperlukan di kabupaten/kota, mulai dari penanganan pra bencana, saat bencana, hingga tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Kami juga mengundang kabupaten/kota untuk menyusunnya bersama," ungkap Herwan.

Lebih lanjut, Herwan mengajak seluruh jajaran pemerintah kabupaten/kota untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi dalam melakukan mitigasi dan berbagai upaya antisipasi bencana alam di wilayah Bengkulu.

"Kesiapsiagaan bencana dan penanganannya harus dioptimalkan secara bersama-sama, termasuk rehabilitasi dan rekonstruksi terhadap dampak yang ditimbulkan oleh bencana," ujarnya.

Herwan menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam menghadapi potensi bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: