Sebelum Membagikan Alat dan Mesin Pertanian ke Petani, Pemprov Bengkulu Akan Lakukan Tahapan Ini

 Sebelum Membagikan Alat dan Mesin Pertanian ke Petani, Pemprov Bengkulu Akan Lakukan Tahapan Ini

Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas TPHP yang dipimpin oleh M. Rizon sedang menyelesaikan tahap akhir pengadaan alat dan mesin pertanian dan verifikasi-Windi-

 RADAR BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) yang dipimpin oleh M. Rizon sedang menyelesaikan tahap akhir pengadaan alat dan mesin pertanian (Alsintan). 

Beberapa alsintan yang sedang dalam proses pengadaan antara lain hand traktor, rotary dryer (mesin pengering padi), mesin potong rumput, cultivator, dan pompa air. 

Alat-alat ini akan didistribusikan kepada kelompok tani yang telah mengajukan permohonan kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Namun, sebelum distribusi dilakukan, akan ada verifikasi untuk memastikan alat-alat tersebut tepat sasaran.

BACA JUGA:Vespa 946 Dragon Harganya Mencapai Rp 359,8 Juta, Vespa Matic Kasta Tertinggi, Yuk Intip Keunggulannya Disini!

BACA JUGA:Motor Listrik Asal Tangerang Selatan Mampu Menempuh 120 Km Sekali Cas

"Sudah kami sampaikan. Alhamdulillah kita di Provinsi Bengkulu, baik itu hand traktor, rotary dryer, mesin potong rumput, cultivator, termasuk pompa air, semuanya sudah dalam tahap akhir pengadaan. Mudah-mudahan nanti kita akan didistribusikan kepada kelompok tani yang sudah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu," ujar M. Rizon pada Kamis 13 Juni 2024.

Verifikasi kelompok tani ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa alsintan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan. 

"Tentu kita akan melakukan verifikasi kepada kelompok yang mengajukan terlebih dahulu. Karena, ada beberapa syarat. Kita harus menentukan kelompok tani yang akan mendapatkan alsintan sesuai dengan kebutuhan mereka."  

Proses verifikasi ini akan mempertimbangkan berbagai faktor.

Termasuk luas lahan, jenis tanaman yang ditanam, dan kapasitas kelompok tani dalam mengoperasikan dan merawat alsintan yang diberikan.

Distribusi alsintan ini menjadi bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Bengkulu.

BACA JUGA: Tantangan Besar Distan Mukomuko Menyiapkan 100 Ribu Sawit Siap Tanam dengan Kualitas Unggul Untuk Petani

BACA JUGA: Distan Mukomuko Melakukan Pendataan Petani Tanaman Pangan dan Hortikultura yang Gunakan Pupuk Organik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: