Meningkat, Kementerian Agama Seluma Catat 1.213 Ekor Hewan Kurban

Meningkat, Kementerian Agama Seluma Catat 1.213 Ekor Hewan Kurban

Bupati Seluma menyerahkan hewan kurban usai shalat Idul Adha di Masjid Raya Baitul Falihin Tais-Wawan-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Kantor kementerian Agama Kabupaten Seluma mencatat, sebanyak 1.213 ekor hewan kurban disembelih pada momen hari Raya Idul Adha 1445 H. Untuk penyembelihan dimulai Senin, 17 Juni 2024. 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seluma H. Heriansyah, S.Ag. MH menyebutkan, dari total 1.213 ekor hewan kurban tersebut, terdiri dari kambing 561 ekor, 647 ekor sapi dan 5 ekor kerbau. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun 2023 lalu. Yakni hanya berjumlah 1.015 ekor,  terdiri dari 606 ekor sapi, 1 ekor kerbau, dan 407 ekor kambing.

BACA JUGA:Tunggakan Pajak Hampir Rp 1 Miliar, Pemkab Seluma Segera Validasi Kendaraan Dinas

 

" Total ada 1.213 ekor hewan kurban se Kabupaten Seluma yang terdiri  630 ekor kambing, 582 ekor sapi dan 5 ekor kerbau,” sampai Kepala Kemenag Seluma  H. Heriansyah, S.Ag. MH, kemarin. 

Sementara itu, data dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, tahun ini Kabupaten Seluma mengalami surplus daging. 

BACA JUGA:Bupati Seluma Berkunjung, Desa Muara Maras Dihujani Bantuan

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial SP menyampaikan, setelah pihaknya melakukan pendataan terhadap jumlah ketersediaan hewan ternak yang layak untuk dikurbankan di tahun ini, yakni totalnya mencapai 2.549 ekor, terdiri dari sapi 1.567 ekor, kerbau 29 ekor, dan kambing sebanyak 946 ekor, serta domba 7 ekor.

Seluruh hewan kurban yang terdata tersebut, sudah dinyatakan memenuhi syarat untuk dikurbankan sesuai ketentuan agama. Salah satunya seperti kategori umur dan kesehatan hewan kurban tersebut.

BACA JUGA:Pengurus Baru Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu Kabupaten Seluma Dilantik

 

"Tahun ini cukup banyak. Kemungkinan besar bisa disuplay ke daerah-daerah kabupaten tetangga. Kalau untuk di wilayah Kabupaten Seluma saya kira sudah over," sampai  Arian Sosial.

Jumlah hewan kurban tersebut tersebar di 14 Kecamatan. Yakni dari wilayah Kecamatan Sukaraja hingga Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM). Namun terbanyak berada di wilayah Kecamatan Sukaraja dan Kecamatan Air Periukan. Sedangkan untuk hewan ternak jenis kerbau hanya ada di wilayah kecamatan Sukaraja dan Kecamatan Air Periukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu