Ciri-Ciri Haji Mabrur

Ciri-Ciri Haji Mabrur

Drs. H. Henderi Kusmidi, M.H.I-Adam-radarbengkulu

 

Tentu tidak semudah yang kita bayangkan bahwa haji mabrur itu balasannya surga dan pahalanya sejajar dengan jihad fisabilillah, juga termasuk ibadah yang paling utama.

Maka tentu dalam proses pelaksanaannya, khusus yang terkait dengan biaya yang dikeluarkan hendaknya harta yang halal. Bukan dari harta yang haram. Seperti dari hasil mencuri, korupsi, merampok, menipu dan lain sebagainya. 

 

Kalau haji seperti ini yang dilakukan, maka mana mungkin hajinya mabrur. Bahkan hajinya tertolak dan tidak bernilai apa-apa. 

Hal ini dinyatakan dengan tegas dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang bisa ditemukan pada kitab at-Targib wa at-Tarhib karya Al-Mundziri.

 

اِذَاخَرَجَ الْحَاجُّ حَاجًّابِنَفَقَةٍ طَيّبَةٍ وَوَضَعَ رِجْلَهُ فِى الْغَرْزِ فَنَادَى لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ نَادَاهُ مُنَادٍ مِنَ السَّمَاءِ لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ زَادُكَ حَلَا لٌ وَرَاحِلَتُكَ حَلَالٌ وَحَجُّكَ مَبْرُوْرٌ غَيْرُ مَأْزُوْرٍ وَاِذَا خَرَجَ بِالنَّفَقَةِ الْخَبِيْثَةِ فَوَضَعَ رِجْلَهُ فِى الْغَرْزِ فَنَادَى لَبَّيْكَ نَادَاهُ مُنَاد ٍمِنَ السَّمَاءِ لَا لَبَّيْكَ وَلَا سَعْدَيْكَ زَادُكَ حَرَامٌ وَنَفَقَتُكَ حَرَامٌ وَحَجُّكَ مَأْزُوْرٌ غَيْرُ مَبْرُوْرٍ.

 

”Jika berangkat orang yang haji dengan biaya yang halal, dan dia menaruh kakinya di pelana lalu dia menyeru: Aku datang memenuhi panggilanmu ya Allah, maka menyeru malaikat dari langit: “Engkau diterima dan kebahagiaan untukmu, bekalmu halal, kendaraanmu halal, dan hajimu mabrur, tidak dikurangi pahalanya.” 

Tapi jika jamaah haji itu berangkat dengan biaya yang kotor, lalu dia menaruh kakinya di pelana lalu dia menyeru: Aku datang memenuhi panggilanmu ya Allah. Maka menyeru malaikat dari langit: “Engkau tidak diterima dan tidak ada kebahagiaan untukmu, bekalmu haram, biayamu haram, hajimu tidak sempurna dan tidak mabrur.”

 

Hadirin jamaah salat Jumat yang berbahagia

Adapun ciri-ciri seseorang mendapatkan haji yang mabrur, dapat dilihat dalam tampilan kesehariannya yang berubah lebih baik dari sebelumnya. Paling tidak ada tiga cirinya. Yaitu:

1. Bersikap semakin santun (Thayyibul Kalam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu