Ciri-Ciri Haji Mabrur

Ciri-Ciri Haji Mabrur

Drs. H. Henderi Kusmidi, M.H.I-Adam-radarbengkulu

Orang yang baru pulang dari haji terlihat betul sikapnya semakin santun, berperilaku yang mulia dan berbudi pekerti yang lebih baik dari sebelumnya. Ucapannya senantiasa terjaga dan tidak mengucapkan kata-kata kotor yang dapat menyinggung perasaan orang lain.

 

Sikap dan perbuatannya selalu terpelihara dan senantiasa melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat sekitar.

 

2. Menebar Kedamaian (Ifsyaussalam)

Orang yang sudah berhaji dimana dan kapan saja, senantiasa menebarkan hal-hal yang bersifat kedamaian, kesejukan, kerukunan, persatuan dan kesatuan.

 

Semua itu dilakukan demi terpeliharanya komunikasi yang harmonis dalam bentuk saling menghargai perbedaan dan pendapat, mencintai dan menyayangi kepada sesama dan lingkungan sekitarnya.

 

3. Berjiwa sosial yang tinggi (ith’amuththa’am)

Orang yang sudah berhaji memiliki tingkat sosial yang tinggi, peka terhadap keadaan yang tidak menyenangkan, peduli terhadap sesama, mendukung dalam hal-hal yang positif, membantu orang yang memerlukan dan selalu mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingannya sendiri. 

 

Itulah tiga di antara ciri-ciri seseorang mendapatkan haji yang mabrur, dan kita berdoa semoga seluruh jamaah haji kita benar-benar mendapatkan haji yang mabrur. Yaitu haji yang diterima dan dibalas oleh Allah SWT dengan balasan surga di akhirat nanti. Aamin yaa Robbal ‘aalamiin.

 

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu