Inilah Hikmahnya Memakmurkan Masjid

Inilah Hikmahnya Memakmurkan Masjid

H. Henderi Kusmidi-Adam-radarbengkulu

''Dan sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.” (QS Al-Jin/72:18) 

 

Allah memerintahkan umat Islam semuanya untuk memakmurkan masjid dengan berbagai macam cara dan bentuknya. Sebagaimana firman-Nya:

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ

 

Artinya: "Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS al-Taubah, 09:18) 

Memakmurkan masjid adalah membangun masjid, memperindah atau memperkokoh bangunannya, secara fisik dan melaksanakan ketaatan kepada Allah ta’ala seperti shalat dan berzikir kepada-Nya serta kegiatan belajar mengajar kitab suci serta yang senada di dalam masjid tersebut. 

 

Allah memberikan kelebihan kepada orang yang istiqamah memakmurkan masjid- masjid dengan memberikan hikmah diantaranya: 

Pertama, dibangunkan rumah di surga 

Orang yang beriman dan selalu mendirikan shalat, ia akan mau dan menyenangi, terpanggil untuk memakmurkan masjid. Apalagi jika ia memiliki kelebihan harta, akan senang dan bahagia dapat ikut andil membangun masjid. Membangun masjid untuk Allah atau dengan kata lain untuk masyarakat dengan membangunkan rumah di surga-Nya. 

 

Nabi bersabda

مِثْلَهُ فِي الْجَنَّةِ : مَنْ بَنَى مَسْجِدًا يَبْتَغِي بِهِ وَجْهَ اللهِ، بَنَى اللهُ لَهُ

 “Barang siapa yang membangun masjid karena mengharap ridha Allah, niscaya Allah akan membangunkan untuknya di surga bangunan yang serupa dengannya.” (Shahih al-Bukhari, No 450, Muslim, No 533) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu