MIN 1 Bengkulu Tengah Latih Kepemimpinan dan Kemandirian Murid

MIN 1 Bengkulu Tengah Latih Kepemimpinan dan Kemandirian Murid

Siswi MIN 1 Benteng sedang Latih Ketangkasan tentang Pramuka-Agus-

radarbengkuluonline.id, Benteng - Madrasah Ibtidaiyah Negari (MIN) 1 Bengkulu Tengah menjadikan ekstrakurikuler pramuka sebagai salah satu wahana pembentukan karakter murid, karena dalam pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri dan keberanian.

Kegiatan pramuka sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran. Dalam kurikulum formal pembelajaran lebih berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (keterampilan).

BACA JUGA:180 Peserta Ikut Jambore Kader Posyandu di Bengkulu Tengah

BACA JUGA:Sosialisasi, Sektor Pertanian Merupakan Tulang Punggung Perekonomian Bengkulu Tengah

 

Sedangkan pramuka akan membangun kecerdasan murid pada ranah kafeksi (sikap dan prilaku) sehingga mampu mengembangkan karakternya secara positif.

“Pramuka merupakan salah satu metode mendidik para murid agar bekerja sama dalam regu dengan baik, ketangkasan fisik, kreativitas dan kecerdasan. Kegiatan ini menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan mengesankan. Kami juga selalu berusaha menanamkan dan menumbuhkan jati diri siswa untuk menerapkan nilai saling mengasihi, kejujuran, ketaatan, tekun belajar dan menerapkan nilai sopan santun dalam aktivitas kehidupan,” ungkap Kepala MIN 1 Bengkulu Tengah Emiyati, M.Pd .

BACA JUGA:Wakili Provinsi Bengkulu, Masjid Al-Ikhlas Bengkulu Tengah ke Lomba Masjid Percontohan Ampera Tingkat Nasional

BACA JUGA:Ini Langkah Konkret Bengkulu Tengah Mencegah Terjadinya Korupsi di Desa

 

Ditambahkan, Pramuka merupakan pembelajaran yang menyenangkan bagi murid. Semua satuan pendidikan mulai dari MI/SD (Siaga), MTS/SMP (Penggalang), dan MA/SMA (Penegak) bahkan perguruan tinggi ada satuan gerakan pramuka. 

"Ini membuktikan bahwa pramuka mampu memberikan arti positif terhadap proses pembelajaran," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu