Perdana, Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon jadi Inspektur Upacara Memperingati dan Memaknai Kesaktian Pancasila

Perdana, Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon jadi Inspektur Upacara Memperingati dan Memaknai Kesaktian Pancasila

Perdana, Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon jadi Inspektur Upacara Memperingati dan Memaknai Kesaktian Pancasila -Seno-

radarbengkuluonline.id - Pemerintah Kabupaten Mukomuko melaksanakan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila pada hari Selasa 1 Oktober 2024, bertempat di lapangan upacara Kantor Bupati Mukomuko. Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon, S.Hut., M.Si memimpin dan bertindak sebagai Inspektur Upacara

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pertama kali dilakukan pada tahun 1966, sebagai respon terhadap peristiwa G30S/PKI yang terjadi pada 30 September 1965.

Peristiwa itu dianggap dapat mengancam Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Indonesia mampu melewati masa kelam itu, sehingga setahun pasca peristiwa G30S/PKI, diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. 

Oleh sebab itu, ketika diwawancarai usai upacara, Pjs Bupati Mukomuko, M. Rizon mengajak seluruh lapisan masyarakat memaknai Kesaktian Pancasila secara mendalam.

Bahwa Pancasila selama ini menjadi pengikat persatuan bagi penduduk Indonesia yang beragam agama, suku dan bahasa. 

BACA JUGA:Tim Sapuan-Wasri Tuding Kades Maju Makmur, Ini Jawaban Kades Heris, Suasana Pilkada Mukomuko Mulai Sensitif

BACA JUGA:Suasana Pilkada Mukomuko Mulai Sensitif, Ada Mantan Pengurus Gerindra Kampanye untuk Sapuan-Wasri

"Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober di Indonesia. Tanggal ini memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia, sebagai pengingat akan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa," ujar Pjs Bupati Mukomuko.

Sudah sepatutnya, kata Rizon, Pancasila terus kita jadikan Ideologi bangsa dan dasar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia mengajak masyarakat untuk merenungkan kembali makna dan implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA:Rp 100 Miliar Disiapkan Untuk Penataan Taman Wisata Alam Danau Dendam Tak Sudah Kota Bengkulu

BACA JUGA:Pejabat Ini Disebut Calon Pengisi Kadis Pertanian Mukomuko, M Rizon yang Dilantik jadi Kadis DTPHP Provinsi

"Kita patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa dalam demokrasi demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa. Itu tidak lepas karena dalam berkehidupan sosial, pemerintah dan lainnya Pancasila selalu kita jadikan landasan dan pedoman," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: