Akhir masa jabatan, Presiden Jokowi Meresmikan 2 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang Dibangun Menggunakan APBN

 Akhir masa jabatan, Presiden Jokowi Meresmikan 2 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang Dibangun Menggunakan APBN

Presiden republik Indonesia Ir Joko Widodo atau Jokowi masih bergerak aktif menyelesaikan semua urusan, termasuk meresmikan 2 ruas jalan tol trans sumatera-poto hutama karya-

 

radarbengkuluonline.id - Menjelang akhir masa jabatannya, Presiden republik Indonesia Ir Joko Widodo atau Jokowi masih bergerak aktif menyelesaikan semua urusan, termasuk meresmikan 2 ruas jalan tol trans sumatera. 

PT Hutama Karya yang telah berkomitmen turut serta memperkuat infrastruktur nasional dengan penyelesaian 2 (dua) ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yakni Ruas Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh – Kisaran (32,15 km), dan bagian Ruas Betung (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino (34 km), pada Rabu (16/10). Peresmian kedua ruas tol tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Gerbang Tol Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan bahwa jalan tol tidak sepenuhnya dibangun oleh swasta dan didanai oleh sektor swasta.

Namun, banyak jalan tol yang dibangun oleh BUMN dan juga melalui anggaran APBN.

Dengan adanya jalan tol, khususnya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), diharapkan mampu mempercepat mobilitas barang, orang, dan distribusi logistik, sehingga setiap daerah di Indonesia dapat bersaing dengan daerah-daerah di negara lain, mengingat persaingan antar negara sangat ketat.

BACA JUGA:Terimakasih Presiden Jokowi Sudah Membangun 1.235 Km Jalan Tol Trans Sumatera

BACA JUGA:Presiden Jokowi Berikan Penghargaan Bintang Mahaputera kepada Sultan B Najamuddin: Apa Maknanya?

“Alhamdulillah, pada hari ini, Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino Seksi 3 di Provinsi Jambi sepanjang 34 km telah selesai dibangun dengan anggaran sebesar 5,6 triliun rupiah, setelah dikerjakan selama dua tahun. Selain itu, kita hari ini juga meresmikan Jalan Tol Indrapura - Kisaran yang telah dibangun sejak 2018 dengan investasi sebesar 6,2 triliun rupiah. Kedua ruas tol ini diharapkan akan meningkatkan daya saing daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal,” ujarnya.

 

Peresmian ini dilakukan secara simbolis dengan penekanan tombol sirine dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi. Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan ini Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Pj. Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni, Pjs. Bupati Asahan Basarin Yunus.

 

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, menyampaikan bahwa kehadiran kedua jalan tol ini mengefisiensi waktu tempuh antar wilayah lebih dari 60%. “Tol Indrapura – Kisaran sendiri memiliki total panjang 56 km, dan telah beroperasi sejak 15 Mei 2024. Waktu tempuh dari Medan ke Kisaran yang biasanya sekitar 5 jam kini menjadi hanya 1,5 jam. Sementara itu, perjalanan dari Indrapura ke Kisaran, yang sebelumnya memakan waktu 2 jam melalui jalan umum, kini dapat ditempuh hanya dalam 30 menit. Lalu untuk Bayung Lencir ke Tempino yang semula 1,5 jam menjadi hanya 30 menit, ” jelas Budi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: