Ini Hasil Monitoring dan Evaluasi Disperindagkop-UKM Terhadap 220 Koperasi

Senin 26-08-2024,13:25 WIB
Reporter : Seno AM
Editor : Syariah muhammadin

 

Nurdiana juga menyatakan komitmen pemerintah untuk memajukan koperasi di daerah ini. Sehingga diperlukan evaluasi secara berkala tentang cara mengelola koperasi dengan baik dan benar. 

 

Selain itu juga harus dilakukan pengembangan guna meningkatkan kapasitas Koperasi sebagai badan usaha berbasis anggota yang sehat, kuat, mandiri dan tangguh. 

 

Mengembangkan dan memperkuat Koperasi sehingga setara dengan badan usaha lainnya melalui regulasi yang kondusif, kelembagaan, perkuatan SDM, pembiayaan, pemasaran dan kemajuan teknologi.

 

"Disperindagkop Mukomuko sangat mendukung program kementerian untuk mendata koperasi melalui aplikasi ODS. Agar kedepannya menjadi koperasi yang sehat, kuat dan mandiri," bebernya. 

 

Untuk pendataan koperasi di daerah ini. Pihaknya dibantu petugas penyuluh koperasi dan UKM lapangan. Karena mereka telah mengikuti diklat dan benar - benar memiliki kemampuan dan paham dalam bidang IT. 

 

Dengan pendataan ini, maka kedepan semua akses perizinan, pembiayaan, ataupun fasilitas lainnya yang berkaitan dengan Koperasi akan dilihat dari seberapa valid pendataan Koperasi di dalam Online Data System (ODS) di Kabupaten Mukomuko.

 

"Koperasi yang sudah terdata melalui aplikasi ODS yang akan diprioritaskan pemerintah seperti apakah nanti ada program dan bantuan baik itu dari pusat dan daerah," pungkasnya. 

Kategori :