Pelamar Seleksi CPNS PPPK Formasi Nakes di Bengkulu Minim dan Jauh dari Harapan

Kamis 24-10-2024,21:17 WIB
Reporter : windi junius
Editor : syariah muhammadin

radarbengkuluonline.id  - Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Provinsi Bengkulu tahun 2024 menghadirkan tantangan tersendiri, terutama dalam perekrutan tenaga kesehatan (Nakes).

Hingga penutupan pendaftaran pada 20 Oktober 2024, jumlah pelamar untuk formasi tenaga kesehatan jauh dari harapan. 

Dari 100 formasi yang dibuka, hanya 38 orang yang mendaftar, meninggalkan sisa formasi yang cukup besar belum terisi. 

Hal ini berbanding terbalik dengan formasi jabatan tenaga guru dan tenaga teknis, yang justru dipenuhi ribuan pelamar. 

Ketimpangan ini menimbulkan kekhawatiran bahwa kebutuhan akan tenaga kesehatan, yang sangat penting di masa sekarang, tidak akan terpenuhi sepenuhnya. 

Kondisi ini mencerminkan adanya perbedaan minat dan kecenderungan masyarakat dalam memilih karier di sektor publik, khususnya pada profesi kesehatan yang selama ini sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:Mau Tahu, Ini Jumlah Pelamar Setiap Formasi Seleksi PPPK Bengkulu Selatan

BACA JUGA:PPPK Tahap Pertama Provinsi Bengkulu Ada 3.499 Pelamar Selesaikan Proses Pendaftaran

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi mengakui bahwa rendahnya jumlah pelamar untuk formasi tenaga kesehatan menjadi perhatian serius. 

Menurutnya, situasi ini akan  dikoordinasikan dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) untuk mencari solusi terbaik.

Termasuk kemungkinan pengalihan formasi yang tidak terisi ke sektor lain.

“Kita akan berkonsultasi dengan pihak Kementerian PAN-RB mengenai formasi yang masih kosong. Apakah ada peluang untuk dialihkan ke formasi lain, atau bagaimana langkah selanjutnya. Namun, untuk sementara waktu, formasi tersebut tetap dibiarkan kosong sampai ada keputusan lebih lanjut,” ujar Gunawan.

BACA JUGA:Ingat! 20 Oktober 2024 Batas Akhir Pendaftaran Seleksi PPPK Provinsi Bengkulu Tahun 2024, Ayo Buruan

BACA JUGA:Kabar Gembira Untuk Honorer Pemprov Bengkulu yang Bisa Diangkat Menjadi PPPK

Langkah koordinasi ini diharapkan dapat memberikan jalan keluar bagi kekosongan formasi, mengingat tenaga kesehatan adalah salah satu pilar penting dalam pelayanan publik, khususnya di bidang kesehatan. Kekurangan tenaga kesehatan bisa berdampak pada pelayanan kesehatan di daerah, terutama di wilayah-wilayah yang selama ini masih kekurangan tenaga medis.

Kategori :