Akibat Corona, Tingkat Kunjungan Wisatawan Menurun

Akibat Corona, Tingkat Kunjungan Wisatawan Menurun

Dewi Coryati : Kita Harus Perbanyak Home Stay

RBO   >>>   BENGKULU   >>>   Akibat merebaknya virus Covid – 19 atau virus Corona saat ini, diakui terjadi penurunan tingkat kunjungan wisatawan, baik di daerah maupun antar negara. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi X DPR RI Hj. Dewi Coryati SE, M.Si kemarin.

“Ini juga untuk menjawab atas penurunan kunjungan wisatawan akibat Corona Virus, sehingga kita akan mengoptimalkan supaya wisatawan nusantara akan bisa tambah banyak lagi. Tentunya merintis home stay harus ditingkatkan. Ditambah lagi kita sudah akan memasuki Bulan Suci Ramadan, kemudian Lebaran. Hari liburnya sudah ditambah, sehingga ini menjadi kesempatan emas untuk kita memperkenalkan daerah Bengkulu agar wisatawan bisa merasa aman dan nyaman dengan home stay yang kita persiapkan,” ungkap Dewi Coryati saat diwawancarai usai memberi kata sambutan dalam kegiatan sosialisasi peningkatan kapasitas peranan masyarakat melalui pelatihan pengembangan home Stay, Selasa (10/3).

Sebelumnya dijelaskan oleh anggota Komisi X DPR RI Dapil Provinsi Bengkulu ini, kenapa dia bersama pihak Kementerian Pariwisata melakukan kegiatan tersebut? Hal itu karena menjawab permohonan dari Rektor Unihaz. Sebab ada mahasiswa akan KKN, dan mereka berharap mahasiswa ini nanti mampu menjadi agen perubahan penyampaian bagaimana sih home stay yang ideal.

“Ini kan pesertanya mayoritas mahasiswa, jadi mereka kan sudah mau KKN, nanti KKN nya ke desa-desa. Kenapa home stay? Karena untuk saat ini kita akan lebih mendekatkan anak-anak KKN ke lokasi yang dekat objek wisata. Yang kedua, mahasiswa ini agen perubahan dan berharap mereka akan menyampaikan, kemudian terlibat langsung bagaimana rasanya, bagaimana rasanya agar bisa meningkatkan pariwisata di Indonesia. Dan target Bengkulu Wonderfull 2020 bisa tercapai,” jelasnya.

Dan dengan zaman seperti saat ini, seberapa penting keberadaan home stay di suatu daerah. Khususnya yang dekat lokasi objek wisata? “Kalau kita mau long life stay pengunjung wisata, kenapa sih pengunjung menghabiskan waktu lebih banyak? Karena akan banyak menghabiskan waktu dan uangnya. Pengunjung akan membelanjakan uangnya kemana. Kemudian bagaimana pengunjung tinggal lebih lama. Artinya pilihannya hanya satu, siapkan tempat yang nyaman seperti home stay,” pungkas Dewi. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: