Rp 72,39 Miliar BST Sudah Digelontorkan di Bengkulu

Rp  72,39 Miliar BST Sudah Digelontorkan di Bengkulu

RBO >>>  BENGKULU >>>  Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, Syarwan menjelaskan, Bantuan Sosial Tunai (BST) digelontarkan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak Rp 72,39 miliar telah didistribusikan ke 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu. Dimana paling banyak alokasi ada di Kabupaten Bengkulu Utara. “Di Bengkulu Utara ada 90.534 KPM, dengan alokasi Rp 27,16 miliar,” kata Syarwan.

Setelah Bengkulu Utara, ada Rejang Lebong yang juga banyak untuk penerima BST ini. Yakni sebanyak 32.703 KPM dengan alokasi Rp 9,81 miliar. Kemudian disusul oleh Seluma dengan Rp 6,32 miliar untuk 21.050 KPM. Sedangkan untuk Bengkulu Selatan sebanyak 20.200 KPM dengan Rp 6,06 miliar. “Kalau penerima yang paling sedikit itu di Lebong, hanya ada 5.743 KPM dengan alokasi Rp 1,72 miliar,” sampainya.

Sedangkan untuk di Kaur dialokasikan Rp 5,32 miliar dengan 17.734 KPM, Mukomuko dengan 12.336 KPM dengan Rp 11,20 miliar, Bengkulu Tengah ada Rp 3,43 miliar dengan 11.435 KPM, Kota Bengkulu ada 7.601 KPM dengan Rp 2,28 miliar, serta Kepahiang sebanyak 6.900 KPM dengan Rp 2,07 miliar. “Bantuan ini bisa diambil di kantor Pos maupun BNI dan BRI, teknisnya ada di daerah,” paparnya.

Kepala Kantor Pos Provinsi Bengkulu, Guntama Pramudya mengatakan. pada penyaluran tahap ini pihaknya melayani untuk KPM di 7 wilayah. Sementara, untuk pengambilan bantuan ini harus berdasarkan data dari Kartu Keluarga yang ada. Dan bila yang bersangkutan tidak dapat hadir, maka dapat diwakilkan oleh wakilnya dengan membawa kartu identitas dan kartu keluarga. “Mereka sudah menerima surat laporan dari Pos dari izin Lurah dan RT. Jika tidak dapat hadir dapat diwakilkan oleh istri atau orang yang satu rumah sesuai dengan Kartu Keluarga,” paparnya.

Ia menjelaskan ditengah covid -19 saat ini, pihaknya menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan ketat. Sehingga kantor pos melakukan penjadwalan sesuai data dari daerah kelurahan maupun desa yang tercatat. Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Iskandar Zo menyampaikan untuk penyaluran BST ini, selain Kantor Pos. Juga digandeng BNI dan BRI untuk beberapa kabupaten. Dan di kabupaten pun sudah mulai disalurkan sejak 16 Februari lalu. Sementara untuk Kota Bengkulu baru dimulai kemarin. “Kami berharap agar pencarian BST tahap dua ini dapat berjalan dengan lancar. Dan tepat untuk para KPM,” sampainya kemarin Jumat (16/7). (Bro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: