Negatif, Hasil Swab Suami Jenazah yang Dibawa Pulang Pakai Sepeda Motor

Negatif, Hasil Swab Suami Jenazah yang Dibawa Pulang Pakai Sepeda Motor

RBO >>> MUKOMUKO >>>  Hasil pemeriksaan laboratorium Biometik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas di Padang menyatakan, Soni Efendi (42) tidak tertular Covid-19. Soni Efendi adalah suami dari jenazah yang viral karena dibawa pulang oleh keluarga menggunakan sepeda motor dari RSUD ke kediaman mereka di Desa Dusun Baru Pelokan, Kecamatan XIV Koto beberapa waktu lalu.

Sehari setelah Ompilawati (38) meninggal dunia atau 4 Agustus 2021 lalu, Soni didatangi petugas kesehatan dari Dinkes Mukomuko untuk diambil sampel Swab. Ia harus menjalani Swab PCR karena dianggap kontak erat dengan suspek Covid-19. Sebab, sebelum meninggal, istrinya dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan rapid Antigen di RSUD Mukomuko.

Pada tanggal 7 Agustus sampel Swab Soni diperiksa bersama 151 sampel Swab lain kiriman Dinkes Mukomuko ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Andalas Padang. Hasilnya, sampel Swab Soni dinyatakan negatif. Hal ini dibenarkan Pj Kades Dusun Baru Pelokan, Basri. Katanya ia menerima salinan pdf hasil pemeriksaan 152 Swab dari Dinkes Mukomuko. Hasil pemeriksaan Soni dinyatakan negatif. "Alhamdulillah, hasil Swab Pak Soni negatif," ungkap Pj Kades kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.

Akan tetapi, dari keluarga Soni lain yang kontak erat dengan jenazah dan sempat menjaga jenazah saat dirawat di ruang isolasi, masih enggan diperiksa. Baik Swab PCR maupun Swab antigen. Padahal, saat Kapolres mengunjungi keluarga pada 4 Agustus lalu, Kapolres sudah menawarkan pihak keluarga bakal membatu untuk pemeriksaan. Padahal, selain Soni selaku suami, masih ada beberapa keluarga yang kontak erat dengan jenazah. Diantaranya anaknya yang mengangkat jenazah dari ruang jenazah ke motor, paman jenazah yang memangku jenazah di sepeda motor saat membawa pulang, dan ponakan yang menyopir sepeda motor.

Selain takut, alasan pihak keluarga enggan diperiksa, mereka tidak mengalami gejala Covid seperti demam, flu dan lain-lain. "Keluarga lain masih tidak mau (diperiksa). Mereka juga tidak ada gejala. Hasil Swab Soni juga negatif," kata kerabat jenazah bernama Indra Taufik ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com tadi siang. (sam).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: