Manasik Haji di Bengkulu Utara Dilakukan Selama 6 Hari

Manasik Haji di Bengkulu Utara Dilakukan Selama 6 Hari

radarbengkuluonline.com, ARGA MAKMUR - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara melakukan kegiatan Manasik Haji tingkat Kabupaten Tahun 1443 H/2022 M yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag). Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati BU, Ir. H. Mian, Rabu (18/05/2022). Sebanyak 92 Jamaah Haji Kabupaten Bengkulu Utara mengikuti Bimbingan, di Masjid Nur Ilahi Kelurahan Gunung Alam.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Asisten II Setdakab BU, Dr. Dodi Hardinata, Kabag Setdakab BU beserta Staf, Kepala Kemenag BU Drs.H.Ajamalus, MH, tokoh agama, tokoh masyarakat, jajaran Kepala OPD terkait.

Bupati Mian dalam sambutanya menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kolaborasi dan sinergi antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian Agama (Kemenag) dalam menyukseskan bimbingan manasik haji tahun 2022 ini. Setelah 2 tahun tidak diperbolehkan untuk pelaksanaan ibadah haji, dikarenakan permasalahan dunia pada umumnya untuk mencegah penyebaran virus covid-19.

“Berdasarkan arahan dari Presiden RI yang telah memberikan arahan bahwa pada akhir Mei ini semua kegiatan dapat berjalan seperti biasa, status yang berubah dari pandemi menjadi endemi, sehingga tahun depan, harapan kita bisa mendapatkan kuota keberangkat seperti biasanya,” ujarnya. Bupati Mian juga mengharapkan agar seluruh jamaah dapat menjalankan ibadah dengan lancar. Selalu diberikan kesehatan, baik saat pergi, beribadah hingga selesai.

Sementara itu, Kepala Kemenag BU, H.Ajamalus, MH dalam penyampaiannya mengucapkan syukur, karena pada kegiatan ini dapat bersilaturahmi dan melaksanakan bimbingan manasik haji kepada jamaah haji. Kuota keberangkatan Provinsi Bengkulu sebanyak 747 orang, walaupun ada penurunan Kabupaten BU Mendapatkan kuota keberangkatan sebanyak 92 orang.

“Manasik dilakukan 6 hari atau sebanyak 6 kali. Kemenag mendapatkan kesempatan 2 kali yang diselenggarakan pada 18-19 Mei, dan 4 kali oleh Kantor Urusan Agama di Masjid Al-Kautsar, Rama Agung. Keberangkatan jamaah haji dilakukan pada tanggal 8 Juni 2022. Sehingga diimbau agar jamaah haji untuk dapat menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan selama menjalankan ibadah,” jelas Ajamalus. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: