Mahfud MD: Demokrasi Akan Tumbuh Kalau Pelayanan di Birokrasi Berjalan Baik

Mahfud MD: Demokrasi Akan Tumbuh Kalau Pelayanan di Birokrasi Berjalan Baik

Mahfud MD--

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Provinsi Bengkulu menjadi tuan rumah Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2022. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membuka seminar APPSI. Seminar yang mengangkat tema "Menjaga dan Membangun Integrasi Nasional" di Balai Raya Semarak, Minggu (19/7). 

Menko Pohukam Mahfud MD mengingatkan agar seluruh elemen perlu menjaga integrasi, dan tidak boleh berdemokrasi sendiri-sendiri. Sehingga diingatkan bahwa yang mengancam integrasi itu, seperti RAS, Daerah, Bahasa, Suku perlu diperhatikan dan dijaga. 

"Beberapa hal tentu perlu dijaga untuk menjaga keutuhan bangsa, salah satunya dengan menegakkan hukum dengan baik, seadil-adilnya tetapi dengan aturan-aturan hukum," terang Mahfud yang pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi 2008-2013.

Menurut Dia, hadirnya demokrasi yang baik tentu diperlukan perbaikan pada beberapa sektor. Hal ini guna menjaga kondusifitas menuju Pemilu 2024 mendatang. 

"demokrasi akan tumbuh kalau pelayanan di birokrasi berjalan baik, dan didasari aturan hukum yang jelas. Terutama menyongsong Pemilu 2024, ancaman terhadap integrasi bisa tumbuh, muncul sewaktu-waktu karena pencalonan, rivalitas dsb," jelas Mahfud. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: