Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (9)

Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (9)

Di Simpang 4 Sukamerindu sebelah kanan menuju Tanjung Agung ini dahulu ada batang Mbacang besar yang rimbun daunnya-Azmaliar Zaros-

 

9. Kelurahan Sukamerindu

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Kota Bengkulu adalah salah satu kolonial Inggris yang telah membuat Benteng Fort Marlborough. Kota   ini memiliki Muara Dua dan  Bumi Ayu. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki Panorama indah. Terutama bila kita melihat di Tanjung Ajung, Tanjung Jaya. Di daerah ini kita dapat melihat Semarang, Surabaya, Kampung Bali, Malabro, Sidomulyo, Padang Serai, Padang Jati, Betungan dengan leluasa.

 

Yang cukup menarik dilihat disini adalah Dusun Besar dengan Sawah Lebar  dan Sawah Lebar Baru yang sedang di Bajak petani. Sekarang daerah ini dipelihara dengan baik dan di Kandang dengan Kandang Limun, serta diberi Pagar Dewa. Kalau tidak demikian, Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Pematang Gubernur bisa rusak Jitra yang bersejarah itu. Karena, di sana ada Jalan Gedang, Pondok Besi,  Pintu Batu, Tanah Patah yang memiliki Sumur Meleleh terus menerus.

Di Pondok Besi ini ada Padang Harapan yang di Tengah Padang-nya selalu Sukarami. Di sana penuh dengan Kebun  Roos, Kebun Keling, Kebun Geran, Kebun Dahri, Kebun Kenanga yang ramai dikunjungi wanita. Kebetulan, daerah ini berdekatan dengan Pasar Bengkulu, Pasar Baru, Pasar Melintang, Pintu Batu, Pekan Sabtu yang Sukamerindu-kan PengantunganPenurunan yang sekarang masih ada Berkas-nya.  

Rangkaian kalimat yang mengiringi kata bergaris  tebal atau hitam itu   merupakan pengantar dari sebagian nama dari 67 kelurahan di Kota Bengkulu yang unik. Kenapa nama kelurahan itu unik, wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Azmaliar Zaros menurunkan laporannya secara bersambung setiap hari. Selamat membaca laporan SPEKTAKULER yang hanya satu-satunya ada di Indonesia dan mungkin juga di dunia.

 

Redaksi juga menerima masukan, kritik dan saran dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini. Pembaca juga bisa berpartisipasi menyumbang tulisan soal nama-nama unik tentang nama daerah, objek wisata dan lain-lain. Kritik, saran, tulisan dikirim ke email : [email protected]. Atau telepon/WA ke HP 0812 7930 6998. (*)

 

 

 Ini Dia Orang Yang Memberi Nama Sukamerindu

 

SUKAMERINDU adalah nama salah satu kelurahan di Kota Bengkulu. Kelurahan ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Sungai Serut. Kenapa daerah ini dinamakan Sukamerindu? Bagaimana ceritanya? Seperti biasa, ikuti terus laporan wartawan RADARBENGKULU.DISWAY.ID berikut ini.

 

AZMALIAR  ZAROS - Kota Bengkulu

 

Menurut tokoh adat Sukamerindu, Herman Bedullahab , kelurahan ini dinamakan Sukamerindu sudah lama. Kapan tahunnya, ia sendiri tidak tahu. Yang jelas, sejak kecil nama itu sudah ada. 

BACA JUGA:Sefty Siap Advokasi Anggaran Pendidikan di Bengkulu

Menurut cerita yang dia dapat dari orangtua - orangtua zaman dahulu, nama itu adalah pemberian Ratu Agung dari Kerajaan Balai Buntar yang tinggal di Pondok Kelapa Bengkulu Utara.

Pada zaman dahulu, kerajaan Balai Buntar dapat undangan dari Kerajaan Biksu Empat Petulai, yaitu Tuai Rejang di daerah Rejang  Lebong untuk menghadiri pesta panen kerajaan di daerah tersebut. 

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (8)

Didalam perjalanan tersebut ia beristirahat. Kebetulan, di daerah itu ada batang Mbacang besar yang rimbun daunnya. Letaknya, sebelah kanan menuju daerah Tanjung Agung. Karena tempatnya yang rimbun, anaknya senang sekali. Bukan hanya anaknya, orang-orang lain yang lewat di sana selalu beristirahat di sana.

BACA JUGA:Sefty Siap Advokasi Anggaran Pendidikan di Bengkulu

Dalam istirahat tersebut, putri beliau yang bernama Putri Gading Cempaka melihat burung  dan bunga yang banyak. Dia pun senang melihat pemandangan di daerah itu. Sehingga ia tak mau beranjak dari daerah itu ketika diajak orangtuanya melanjutkan perjalanan ke Rejang Lebong.

BACA JUGA:Ditjen Perbendaharaan Bengkulu Dukung Desa Canangkan Zona Integritas

Setelah istirahat, dia pun melanjutkan perjalanan ke Rejang Lebong. Seusai pesta panen, mereka kembali ke kerajaannya di  Bengkulu Utara. Dalam perjalanan pulang itu, putrinya itu kembali minta beristirahat di daerah tadi. Dia ingin menikmati keindahan alam di daerah ini. Orangtuanya pun mengikuti keinginan anaknya itu.

Karena kecintaan anaknya yang begitu besar terhadap daerah ini, maka sebelum melanjutkan perjalanan ke kerajaannya di daerah Pondok Kelapa sekarang ini, Ratu Agung mengumpulkan seluruh rombongannya. Kemudian dia menetapkan nama daerah ini dengan nama Sukamerindu.


Inilah kondisi Kantor Lurah Sukamerindu-Azmaliar Zaros-

Kelurahan Sukamerindu ini luasnya 140 hektare. Wilayah ini letaknya, sebelah utara dengan Tanjung Agung. Sebelah slatan berbatasan dengan Pengantunga. Sebelah  barat berbatasan dengan Kampung Kelawi. Sebelah timur berbatasan dengan Kelurahan Belakang Pondok.

Penduduk di daerah ini  menghuni 18 Rukun Tetangga (RT) dan 6 Rukun Warga (RW). Mata pencarian penduduk di daerah ini bermacam-macam. Ada PNS, pensiunan, dagang, buruh, karyawan swasta.  

 

Mereka banyak sebagai buruh. Karena, wilayah Sukamerindu ini dekat dengan pasar. Yaitu di Pasar Minggu Bengkulu. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: