Guru dan siswa MAN IC Benteng Raih Prestasi dalam Ajang PIRN

 Guru dan siswa MAN IC Benteng Raih Prestasi dalam Ajang PIRN

Inilah prestasi yang diraih MAN IC Benteng-Agus-

 

 
BENTENG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  – Membanggakan. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan kiprah para guru dan siswa MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah (Benteng) yang selama delapan hari mengikuti kegiatan Pelatihan  dan Pendampingan Riset (PIRN) bagi guru dan siswa se-Indonesia yang diinisasi oleh BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) yang diselenggarakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA: Usai Dilantik Gubernur, Ahmad Irfan Jadikan Bank Bengkulu Lebih Hebat

Dari 100 guru se-Indonesia yang mengikuti kegiatan  ini, Dicky Irawan, S.Pd guru Mapel Sejarah MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah terpilih sebagai peserta terbaik kelompok Guru IPSK.

BACA JUGA:BK DPRD Bengkulu Utara Pastikan Proses Oknum Dewan

Menurut Dicky,  selama pelatihan para guru dan siswa menerima berbagai materi terkait rancangan penelitian hingga pendampingan untuk melakukan penelitian lapangan.

Penelitian lapangan dilaksanakan di tiga pulau kecil yang menjadi daerah kunjungan wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara.Diantaranya Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (14)
"Kami dibimbing langsung oleh para peneliti dan dosen-dosen ahli dari Badan Riset dan Inovasi Nasional bagaimana merancang sebuah penelitian yang baik dan mengambil data secara langsung ke lapangan," jelasnya.

"Saya sangat bersyukur bisa bisa mengikuti pelatihan ini. Karena berbagai materi yang saya dapat bisa saya terapkan untuk membimbing siswa-siswa saya di MAN IC Bengkulu Tengah," tambah guru mata pelajaran Sejarah yang diberi amanah sebagai Kepala Lembaga Riset MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah ini sumringah.

BACA JUGA:Dorong Pariwisata, Bupati Ajukan Bantuan Amenitas

Ia mampu mengikuti jejak pembimbingnya, Pangestu Ibnu Iftitah mampu mampu menjadi kelompok terbaik bidang IPSK menyingkirkan kurang lebih 400 siswa se-Indonesia.

Menurut Dicky Irawan, selaku pembimbing ada beberapa kriteria penjurian untuk memilih peserta terbaik. Antara lain ide atau gagasan penelitian, kekompakan dalam kelompok, hasil penelitian dan kemampuan mempresentasikan hasil penelitian.

"Penyerahan  reward bagi peserta terbaik langsung diberikan oleh Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc di Pelataran Gedung BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah)," jelasnya.

Sementara itu, Imam Ghozali, selaku Kepala MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh guru dan siswa MAN IC Bengkulu Tengah dalam ajang PIRN ke XX Tahun 2022 di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

"Sungguh ini sebuah prestasi yang sangat membanggakan, guru dan siswa MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah mampu menjadi yang terbaik dari ratusan peserta seluruh Indonesia. Apa yang diraih ini bisa menjadi amunisi dan penyemangat guru dan siswa lainnya untuk melakukan riset ke depannya. Saya sebagai kepala madrasah sangat mengapresiasi dan akan memberikan reward kepada  guru dan siswa yang telah mengharumkan nama MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah di kancah nasional," pungkasnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: