Pemdes Batu Lambang Buat 10 Kelompok Pembesaran Lele

Pemdes Batu Lambang Buat 10 Kelompok Pembesaran Lele

Pemerintah Desa Batu Lambang membagikan bibit lele,dan pakan kepada kelompok-Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Dana Desa (DD) yang  20 persen dari pagu anggaran digunakan Pemerintah Desa Batu Lambang untuk membuat 10 kelompok ketahanan pangan pembesaran lele sebanyak 15.000 ekor. Masing - masing kelompok mendapatkan 1500 ekor.

Kepala Desa Batu Lambang, Evan Saputra,SE menyampaikan pembesaran lele ini sudah difasilitasi oleh Pemerintah Desa mulai dari pakan sebanyak tiga komposisi sebanyak tiga karung, terpal. Masyarakat hanya berkewajiban memelihara serta merawat lele tersebut sampai panen.

"Dari jumlah pakan yang kita berikan, kalau menurut kajian yang kita terima dari tempat pembibitan lele cukup sampai lele tersebut untuk panen. Kini tinggal bagaimana cara kelompok memberi makan lele tersebut,"papar Evan dikantor Desa tadi pagi.

Untuk satu kelompok dikelola sebanyak 10 orang. Pemerintah Desa berharap kepada kelompok, dari bibit lele yang diberikan nantinya bisa menghasilkan minimal 1.000 kilo. Kalau dikalikan saat ini satu kilo 10 ekor, maka masyarakat bisa menghasilkan pendapatan sekitar Rp 20.000.000.

BACA JUGA:Masih Banyak Masyarakat Belum Terima BLT BBM

Ini artinya, setiap kelompok bisa mendapatkan sekitar 2 juta. Uang yang didapat oleh kelompok ini nantinya bisa diputar kembali untuk pembibitan ulang. Sehingga siklus perputaran panen lele ini bisa dilakukan tiga bulan sekali.

BACA JUGA:Penerima Bantuan Baznas Kota Bengkulu Masih Diverifkasi

"Kalau nantinya ada kelompok yang dianggap berhasil dari pengelolaan bibit lele tersebut, kami dari Pemerintah Desa akan kembali membantu kalau ditahun 2023 masih ada program ketahanan pangan. Kalau pun tidak, kita carikan bantuan lain. Dengan kegiatan ini kami berharap bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi mata pencaharian yang menjanjikan,"pungkas Evan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: