Prestasi Guru SMKN 6 Kota Harumkan Bengkulu di Tingkat Nasional

Prestasi Guru SMKN 6 Kota Harumkan Bengkulu di Tingkat Nasional

Kepala SMKN 6 Kota Bengkulu, Syaripin Effendi, S.Pd , Waka Kesiswaan, Tati Efrianti, SP, M.PdSi, Eva Ramalia Sari, S.TP, M.Si berfoto bersama guru yang lain-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Provinsi Bengkulu patut berbangga. Karena, salah satu tenaga pendidiknya mengharumkan nama Bumi Raflesia ini di tingkat nasional.

Eva Ramalia Sari, S.TP, MSi  yang merupakan guru di SMKN 6 Kota Bengkulu berhasil meraih predikat terbaik dalam tingkat SMK se-Indonesia.

Eva Ramalia Sari, S.TP, M.Si didampingi Waka Kesiswaan, Tati Efrianti, SP, M.PdSi kepada RADARBENGKULUONLINE.COMtadi pagi (30/11) mengungkapkan, penghargaan ini berasal dari Kemendikbud RI Dirjend Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

"Tanggal 22 November - 27 November 2022 lalu saya mengikuti lomba apresiasi guru dan tenaga kependidikan inspiratif tahun 2022. Lomba ini diadakan oleh Kemendikbud RI Dirjend Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Ribuan video dan naskah dikirim ke panitia pusat. Setelah melalui penyaringan dan seleksi yang sangat ketat, lulus ke tahap selanjutnya 40 orang di setiap jenjangnya. Dimana masing-masing jenjang terdiri dari tingkat SLB, SD, SMP, SMA, SMK, kepala sekolah, penilik atau pengawas sekolah. Nah, di tingkat SMK sendiri hanya 700 video se-Indonesia yang bersaing ke tingkat nasional. Dari 700 video tersebut, hanya 20 orang yang dipanggil ke Jakarta untuk dipilih menjadi yang terbaik," ujar Eva.

Lanjut Eva, di tahun ini tema besarnya adalah Pembelajaran Berdifrensiasi.

"Jadi ruhnya kurikulum merdeka ini salah satunya pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dengan menerapkan pembelajaran berdifresiasi. Jadi, anak didik diberikan materi sesuai dengan profil kesiapan dan minatnya. Dari video yang saya kirim kemarin, isinya lebih mengeksplor bagaimana guru memciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kemudian, bisa menggali kemampuan siswa itu sendiri. Kan setiap siswa berbeda. Ada yang kuat di bidang hitung-menghitung dan sebagainya. Kami (kejuruan , red) dimana 70 % nya adalah praktikum. Bagaimana kita mengelola kegiatan praktikum itu dapat mengeksplor potensi-potensi anak tadi. Jadi, ada secara struktur kegiatannya yang mengadopsi posisinya itu pembelajaran di universitas. Dimana disitu lengkap ada kondisi penuntun praktikumnya yang secara terstruktur yang bisa mengarahkan siswa ke pembelajaran yang sifatnya memang keluarnya nanti siswa tersebut memahami tujuan pembelajaran yang sudah dia pahami," kata Eva yang juga mengajar bidang studi Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian ini.

BACA JUGA:Apindo Keberatan UMP Bengkulu Ditetapkan Naik 8,1 Persen

Kepala SMKN 6 Kota Bengkulu, Syaripin Effendi, S.Pd melalui Waka Kesiswaan, Tati Efrianti, SP, M.PdSi mengatakan, penghargaan yang diterima oleh Eva Ramalia Sari, S.TP, M.Si ini kami jadikan spirit memajukan sekolah.

"Kami dari pihak sekolah sejak dari Ibu Eva mau mulai ikut lomba hingga terpilih jadi 40 orang yang berangkat ke Jakarta sangat mendukung. Baik secara moril, materil dan spirituil. Keberhasilan Ibu Eva ini kami jadikan spirit untuk sekolah kami agar maju dan jaya kedepannya," tutur Tati.

Kembali Tati, semenjak berdiri sekolah ini sudah meluluskan 900 orang siswanya "Sekolah kami ini terletak di Jalan Kampung Bahari, Kecamatan Kampung Melayu, berdiri pada tahun 2012 dan sudah meluluskan 900 orang siswa. Untuk tahun ajaran 2021-2022 terdapat 338 siswa dari 6 rombongan belajar (rombel)," jelas Tati

BACA JUGA:Heran, Penyertaan Modal Bimex Belum Dilaksanakan

Lanjut Tati, SMKN 6 Kota Bengkulu memiliki 4 jurusan, yaitu Agriteknologi Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik dan Bisinis Sepeda Motor (TBSM) dan Teknik Kendaraan Ringan Otomatif (TKRO).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: