Dana Pemeliharaan Rutin Jalan Ditambah Rp 19 Miliar

Dana Pemeliharaan Rutin Jalan Ditambah Rp 19 Miliar

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.Ip, MM--

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Setelah dilakukan penambahan, anggaran pemeliharaan rutin jalan pada APBD Tahun Anggaran (TA) 2023 yang baru saja disahkan menjadi Rp 19 miliar.  Ini disampaikan Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.Ip, MM.

Menurutnya, penambahan tersebut merupakan kesepakatan antaran Banggar dan TAPD Provinsi Bengkulu. "Dalam pembahasan RAPBD TA 2023, kita sempat meminta agar TAPD melakukan penyisiran terhadap anggaran. Tujuannya, agar anggaran untuk pemeliharaan rutin jalan dalam wilayah Provinsi Bengkulu ditambah. Penambahan ini karena sama-sama kita ketahui jika kondisi jalan provinsi yang tersebar di 10 kabupaten/kota, banyak yang rusak parah," ungkap Edwar.

Ditambahkan Anggota Banggar DPRD Provinsi Bengkulu lainnya, Billy Dwitrata Sunardi, ST, awalnya TAPD hanya mengusulkan anggaran untuk pemeliharaan rutin jalan di Provinsi Bengkulu Rp 15 miliar. Dalam rapat Banggar dan TAPD saat membahas RAPBD tahun depan, disepakati untuk ditambah sehingga TAPD melakukan penyisiran anggaran.

BACA JUGA:Mantan Bendahara Baznas Bengkulu Selatan Ditahan

"Dari penyisiran itu akhirnya anggaran untuk pemeliharaan rutin jalan ditambah menjadi Rp 4 miliar, sehingga total pagunya menjadi Rp 19 miliar. Saat ini anggaran pemeliharan rutin itu sudah dibagi ke 10 kabupaten/kota. Dimana Kabupaten Bengkulu Utara Rp 2,5 miliar, Bengkulu Tengah Rp 1,5 miliar," beber Billy.

Kemudian, lanjut Billy, Mukomuko, Kepahiang dan Seluma masing-masing Rp 2 miliar. Sedangkan Kabupaten Lebong, Rejang Lebong, Bengkulu Selatan, Kaur dan Kota Bengkulu masing-masing Rp 1 miliar.

"Sementara dari hasil penyisiran Rp 4 miliar itu diperuntukkan bagi pemeliharaan rutin berkala kan kewenangan provinsi," jelas Billy.

BACA JUGA:Capaian BLT DD di Kabupaten Ini Masih Rendah

Sebelumnya, Sekdaprov Bengkulu, Drs. H. Hamka Sabri, M.Si dikonfirmasi juga membenarkan jika anggaran untuk pemeliharaan rutin jalan provinsi pada tahun depan ditambah.

"Dalam rapat anggaran beberapa waktu lalu, Banggar dengan kita selaku TAPD sepakat untuk melakukan penambahan pada alokasi pemeliharaan rutin jalan yang totalnya menjadi Rp 19 miliar," singkatnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: