Banner Perpustakaan

Peduli Lingkungan, SMPIT Asy Syakur Gelar Kreativitas Berbasis Ecofriendly Lifestyle Melalui Kegiatan Ecoprint

Peduli Lingkungan, SMPIT Asy Syakur Gelar Kreativitas Berbasis Ecofriendly Lifestyle Melalui Kegiatan Ecoprint

Guru SMPIT Asy Syakur dan murid berfoto bersama-Adam-

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM -  SMPIT Asy Syakur mengadakan kegiatan ekstrakurikuler CREATEENAS (Creat Teen As Syakur/Karya Remaja As Syakur), Jumat (3/2).

 

 

Kegiatan ini bertujuan mengekplorasi alam dalam gerakan peduli lingkungan (Ecofriendly) dengan mengintegrasikan kreativitas berbasis modern sebagai penguatan pendidikan karakter pada siswa.

 

 

Siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan yang berlokasi di Lapangan Gedung Belajar SMPIT Asy Syakur ini ialah Arya Bintang Pratama, Nur Rizky, Mur Rizky, Farel, Fajri Rahman, Fahri Rahman, M. Yusuf dan Irfan.

BACA JUGA:Walikota Tinjau Fasilitas Kota Merah Putih , Cek Persiapan HUT Kota Bengkulu

 

 

Dengan guru pembimbing, Jumaisa Alaya S.Pd, Desi Anggeraini S.Pd dan  Fitria Andriani M.Pd.

 

 

Kepala SMPIT Asy Syakur,Novika Puji Aksari, M. Pd kepada RADAR BENGKUKULU mengungkapkan bahwa ini dilaksanakan atas dasar narasi pentingnya menanamkan sikap peduli lingkungan terhadap pelajar.

 

 

"Program Mingguan ini bertemakan Membumikan Ecoprint guna Wujudkan Ecofriendly Lifestyle di Sekolah dengan mengambil moto Aksikan Ide Tanpa Batas, Giatkan Kreativitas'.''

BACA JUGA:Mukomuko Perkuat Sinergi Basarnas dengan Pramuka, Ini Pesan Bupati Mukomuko

 

 

Aksi ini dilaksanakan atas dasar narasi pentingnya menanamkan sikap peduli lingkungan terhadap pelajar.

 

 

Generasi pelajar harusnya mempunyai kepekaan terhadap lingkungan disekitarnya dan ini juga harus menjadi behavior yang harus mereka terapkan agar dapat mengobservasi lingkungan dengan baik.

 

 

''Karakter Keramahtamahan terhadap Lingkungan (ecofriendly) merupakan lifestyle yang sedang digaungkan dan digiatkan di SMPIT Asy Syakur Bengkulu, melalui kegiatan," tutur Novika Puji Aksari.

BACA JUGA:Dini Hari, Polisi Amankan Dua Pemuda dan 21 Ranmor

 

 

Kegiatan ini, lanjut Novika, adalah menyalurkan kreativitas dan ekstrakurikuler ini siswa/siswi dapat menyalurkan kreativitasnya sebagai perwujudan atas aksi luar biasa ini.

 

 

Salah satu ide kreatif yang diusung langsung oleh beberapa siswa/siswi SMPIT Asy Syakur dan para pembimbing adalah pemanfaatan teknik ecoprint untuk mencetak motif alami dengan cara mereplika tumbuhan kedalam kain. 

 

 

Ecoprint dapat dimanfaatan sebagai pengganti material kimia yang biasanya terkandung dalam warna pada kain ataupun pencetakan motif pada kain.

BACA JUGA: Penembak Rahimandani Tidak Terpantau CCTV

 

 

Kegiatan ecoprint ini mengkombinasikan pelestarian alam dan produk berskala modern dengan tetap memperhatikan entitas terhadap lingkungan.

 

 

Pewarnaan motif pada kain dalam ecoprint ini memanfaatkan bahan alami berupa dedaunan dan point pentingnya adalah pencetakan motif tidak melibatkan bahan kimia, sehingga tidak menghasilkan limbah berbahaya.

 

 

Teknis kegiatan CREATEENAS minggu ini adalah  siswa-siswa diberikan pengarahan terlebih dahulu mengenai materi dasar teknik pemanfaatan Ecoprint berbahan dasar tumbuhan.

BACA JUGA:Tahukah Kamu Daun Afrika? Ini Khasiatnya, Susilawati Sudah Membuktikan

 

 

Setelahnya siswa-siswa diajak pembimbing kegiatan untuk mengeksflore beberapa jenis tumbuhan disekitar sekolah dan memilih motif-motif daun yang akan digunakan untuk dicetak pada kain yang telah disiapkan.

 

 

Kegiatan eksplorasi alam disekitar sekolah ini memiliki misi untuk memperkenalkan beberapa jenis tumbuhan dan menanamkan sikap kepedulian terhadap alam dimulai dari ruang lingkup yang terkecil.

 

 

Kegiatan selanjutnya, siswa-siswa mulai memikirkan ide-ide kreatif yang inovatif untuk penataan dedaunan yang telah dikumpulkan sehingga menghasilkan pola motif yang menarik pada kain. 

BACA JUGA:Sampah Pantai Panjang Numpuk, Komitmen Pokdarwis Disinggung

 

 

Selanjutnya, daun-daun yang telah tertata sesuai pola yang diinginkan dilapisi plastic wrap , lalu ditumbuk satu persatu sampai daun-daun tersebut tercetak pada kain. 

 

 

Aksi kegiatan ini mampu mengasah kreativitas seni para pelajar dan memiliki value yang tinggi karena motif yang digunakan sangat bervariasi, unik dan eksklusif serta pewarnaan yang terkesan menarik. 

 

 

“Aksikan Ide Tanpa Batas, Giatkan Kreativitas” melalui statement ini siswa-siswa yang tergabung dalam Program CREATEENAS tidak bosan dalam mengekplorasi ide dan mengaksikannya setiap minggu. 

BACA JUGA:Wagub Rosjonsyah Serahkan Bantuan 1 Mobil Ambulance ke Bengkulu Tengah

 

 

Lanjut Ustaza Novika, pihaknya membuka pendaftaran siswa baru dan kegiatan Isra Mi'raj.

 

 

"Kabar gembira untuk kita semua generasi pelajar sekota Bengkulu, SMPIT Asy Syakur telah membuka registrasi PPDB 2023 Gelombang I (1 Februari sampai dengan 31 Maret 2023),.''

 

 

Agar kenal lebih dekat dengan SMPIT Asy Syakur Bengkulu, ''Kami juga mengajak generasi pelajar tingkat Sekolah Dasar Negeri sekota Bengkulu untuk mengikuti Event Lomba Asy Syakur Celebrate Isra’ Mi’raj (ASCI 2023).''

BACA JUGA:Bupati Mian Interview Pedagang Pasar Purwodadi, Apa yang Terjadi!

 

 

Event ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Semarak Berkah di bulan Rajab (Isra’ Mi’raj).

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran lomba, silahkan kunjungi Instagram SMPIT Asy Syakur dan Web Yayasan Asy Syakur Bengkulu. 

 

 

Ig     : @smpitassyakur dan Web :www.asysyakurbengkulu.or.id

BACA JUGA:Tips Publik Speaking ala Kader PMII Rayon Khalid Bin Walid Komisariat UIN FAS Bengkulu

 

 

Ditempat terpisah, Ustadz Agus Delianto, M.Pd selaku Pembina mengatakan, Pesantren Boarding School Asy Syakur yang beralamat di Jalan Rinjani 10 RT.10 RW. 02  Jembatan Kecil, Singaran Pati menerima wakaf donatur.

 

 

"Bagi para dermawan, dapat menyampaikan wakaf dan sedekahnya melalui rekening BRI dengan nomor 011501020941534  An. Asrama Yatim AS SYAKUR.''

 

 

''Kami menerima semua sumbangan bapak dan ibu semua, keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di Asy Syakur merupakan bukti dari donasi para donatur sampai saat ini," sampainya.

BACA JUGA:Nuzuludin: Nantikan Kejutan dari Deni Daffa Fighter Bengkulu, Siap Rebut Sabuk Juara Angga Hans

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: