Batik Asli Bengkulu Tengah Siap Dipatenkan, Ini Dia Namanya

Batik Asli Bengkulu Tengah Siap Dipatenkan, Ini Dia Namanya

Inilah contoh motif batik Sungai Lemau Bengkulu Tengah-Agus-

BENTENG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sebentar lagi akan memiliki batik sendiri sebagai ciri khas kabupaten paling bungsu di Provinsi Bengkulu ini. 

 

 

Pemkab Benteng bersama Tim Penggerak PKK, Dinas terkait, Badan Musyawarah Adat (BMA), Presidium dan FKUB menggelar rapat pemantapan nama batik untuk Kabupaten Benteng, Selasa (21/2) di Kantor Bupati Benteng.

 

 

Sementara itu, Asisten II Setdakab Benteng, Eka Nurmeini M.Pd menjelaskan, rapat bersama itu untuk memperoleh kesepakatan bersama terkait pemberian nama batik untuk Kabupaten Benteng yang nantinya akan dilegalitaskan menjadi Hak Paten bagi kabupaten Benteng.

BACA JUGA:Kader PKK Harus Mampu Jalankan 10 Program Pokok PKK

 

 

"Kesepakatan bersama sangat penting, sumbangsih saran dari seluruh stakeholder dengan menyeimbangi kekuatan budaya, adat dan histori kabupaten Benteng dalam pemberian nama batik ini," jelasnya.

 

 

Disisi lain, PJ Ketua Dekranasda Kabupaten Benteng, dr.Dian Agustina Roni menjelaskan, sejak dirinya datang ke Benteng dan diberikan amanah sebagai Ketua Dekranasda ia masih mempertanyakan legalitas nama batik ini.

 

 

"Tahun 2022 kabupaten Benteng telah melombakan bentuk dan ciri khas batik itu, dan mendapatkan juara dengan membentuk berbagai unsur budaya dan adat yang menjadi ciri khas Kabupaten Benteng," jelasnya.

BACA JUGA:Team Sindang Jaya FC Bantai Habis Team Lobar FC 6-0

 

 

Menurut dia, pemberian sebuah nama sangatlah penting agar dapat dipasarkan dan lebih dikenal oleh masyarakat luas, bahkan hingga level nasional.

 

 

Setelah penetapan nama diharapakn nantinya dapat membuat Peraturan Bupati (Perbup) dalam mendesain batik dan penamaan, serta Perbup tentang pencetakan yang nantinya akan diusulkan agar digunakan  ASN Benteng. 

 

 

Sementara itu, pasca diskusi panjang kemarin, akhirnya diputuskan nama batik Kabupaten Benteng adalah Batik Sungai Lemau Bengkulu Tengah.

BACA JUGA:Bengkulu Utara Terima Sertifikat Kabupaten Bebas Frambusia dari Menkes RI

 

 

Ini karena Sungai Lemau merupakan cikal bakal Kabupaten Benteng adalah Kerajaan Sungai Lemau dan Sungai Lemau mengelilingi Kabupaten Benteng dengan beberapa anak sungainya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: