Ini Dia Desa yang Dinobatkan Menjadi Desa Pancasila dan Kerukunan Umat Beragama di Seluma

Ini Dia Desa yang Dinobatkan Menjadi Desa Pancasila dan Kerukunan Umat Beragama di Seluma

Bupati Seluma saat menghadiri arak-arakan ogoh-ogoh di Desa Talang Benuang, Kecamatan Air Periukan-Wawan-

SELUMA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Desa Talang Benuang, Kecamatan Air Periukan  dinobatkan sebagai salah satu desa  Pancasila dan Desa Kerukunan Umat Beragama, di Kabupaten Seluma.

Hal ini dibuktikan ketika salah seorang umat beragama merayakan hari besarnya. Umat beragama lain ikut menjaga keamaan ketika itu.

BACA JUGA:Disaksikan Camat, Pemdes Serangai Salurkan BLT DD Kepada 33 KPM

 

 

Hal tersebut diungkapkan Bupati Seluma, Erwin Oktavian SE saat menghadiri kegiatan arak-arakan Ogoh-Ogoh yang merupakan acara umat Hindu menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945, Selasa (21/3) di Dusun Puspa Anom Desa Talang Benuang, Kecamatan Air Periukan. 

BACA JUGA:Imigrasi Bengkulu Perkuat Sinergitas Pengawasan Orang Asing, Gelar Rakor Timpora

 

 

Ogoh-ogoh adalah karya seni patung yang diarak keliling saat menjelang Hari Raya Nyepi. Ogoh-ogoh melambangkan sebuah tokoh Hindu bernama Bhuta Kala yang diarak keliling desa  malam sebelum Hari Raya Nyepi dengan diiringi gamelan. 

BACA JUGA: Ada 10 Pejabat Belum Berikan Laporan, 30 Maret Terakhir Serahkan LHKPN, Optimis Tercapai

 

 

" Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 bagi umat Hindu dan terima kasih kepada seluruh komponen masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan ogoh-ogoh ini," sampai Bupati Seluma, Erwin Oktavian SE. 

BACA JUGA:Warga Senang, Bazar Sembako Murah, Juga Bisa Tukar Uang Pecahan Baru

 

 

Desa yang bergelar Desa Pancasila dan Kerukunan Umat Beragama ini menjadi menarik dikunjungi. Karena, Desa Talang Benuang memiliki beberapa tempat ibadah yang berdampingan.

Dijuluki Desa Pancasila dan Kerukunan umat beragama, karena beberapa warga yang berbeda agama membentuk desa dengan tingkat toleransi yang sangat tinggi. 

BACA JUGA: Timsel Masih Lakukan Verifikasi Berkas Pendaftar KPU Kabupaten dan Kota

 

 

"Dengan adanya keberagaman umat beragama dan hidup dengan rukun, maka Desa Talang Benuang ini dinobatkan menjadi Desa Pancasila dan Desa Kerukunan Umat Beragama,  dan menjadi contoh untuk daerah yang lain," sampai Bupati. 

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan, untuk umat Islam akan segera melaksanakan ibadah puasa sehingga diminta untuk lebih memanfaatkan bulan suci dengan meningkatkan iman dan taqwa. 

BACA JUGA: Timsel Masih Lakukan Verifikasi Berkas Pendaftar KPU Kabupaten dan Kota

 

 

 "Sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadan, maka marilah kita sama-sama membersihkan hati dan pasangkan niat agar puasa kita dapat dilaksanakan dengan maksimal dan mendapat pahala dari Allah SWT,"sampai Bupati. 

Sementara itu, Kepala Desa Talang Benuang, Sarwan Efendi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati, Wakil Bupati serta Ketua dan anggota DPRD Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA: Pemkab BU Gelar Pasar Murah Untuk Masyarakat

 

 

"Di Desa Talang Benuang ini masyarakatnya memeluk agama yang beragam, mereka hidup berdampingan dan selalu rukun dengan menjunjung toleransi yang tinggi," ujar Sarwan Efendi.  

BACA JUGA:Buruannnn !!!! PLN Beri Diskon Gede-Gedean, Catat Tanggalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: