Ratusan Pemuda ikuti Pendidikan Karakter Dasar Kabahill Center Bengkulu

Ratusan Pemuda ikuti Pendidikan Karakter Dasar Kabahill Center Bengkulu

Ratusan Pemuda ikut PKD Kabahil Center Bengkulu-Windi Junius-

 
RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Sejumlah pemuda mengikuti Pendidikan Karakter Dasar (PKD) yang diselenggarakan oleh Kabahill Centre Bengkulu. Kegiatan ini bukan baru pertama kali diselenggarakan namun ini sudah sembilan kali kegiatan.


Direktur Eksekutif Kabahill Centre Discoman Andalas mengatakan, dari sembilan angkatan, sudah ada 300 orang pemuda yang telah mengikuti PKD. "Sejak dideklarasikan, Kabahill konsisten melakukan pemberdayaan masyarakat," tegas Discoman Andalas yang akrab disapa Koko , kemarin (2/4).

BACA JUGA:Buka Posko Pengaduan THR, Disnakertrans Provinsi Bengkulu Sidak ke Perusahaan


Dijelaskannya, melalui PKD itu, kader Kabahill didorong untuk tumbuh berkembang di media aktualisasi apapun. Keberadaannya, harus menjadi influencer karakter mulia. Tentunya dalam menuju peradaban Indonesia Emas. "Setiap kader harus memberikan manfaat luas bagi kehidupan dan menjadi rahmatan Lil alamin," ungkapnya.


Pada PKD itu, setiap kader Kabahill mendapatkan pendidikan karaketer di alam bebas. Medan latihnya hutan dan bukit. Kabahill memilih Bukit Hitam-Bukit Biring dan Bukit Kaba sebagai tempat PKD. Proses pelatihan itu, dilakukan selama 4 hari 3 malam. "Proses PKD dilakukan dialam bebas, tujuannya untuk belajar dan menyatu dengan alam," tutur Koko.

BACA JUGA: Agak Aneh, Angkutan Batu Bara Kembali Mengular Sampai di Simpang Kandis


Koko menegaskan, dalam PKD tidak hanya soal mendaki di alam bebas saja. Namun materi-materi mencetak pemimpin masa depan itu, juga sudah disiapkan secara matang. Dipandu oleh instruktur berkompeten, ada berbagai materi diberikan. Seperti materi karakter personal, meliputi materi mental block, afirmasi posifif, word dicipline, tage line of truth, law of projetion.


Kemudian ada materi karakter grub, seperti leadership, team work dan pionering. Lalu materi penunjang, seperti navigasi darat, jungle survival dan manajemen perjalanan. "Kita siapkan, instruktur  berkompeten dibidangnya masing-masing," tambahnya.

BACA JUGA:Biasa, 6 Kepala Madrasah dan Kepala TU MAN IC Dilantik


Koko menjelaskan, PKD sudah menghasilkan sembilan angkatan. Masing-masing angkatan diikuti sekitar 40 orang. Peserta yang mengikuti juga beragam. Mulai tua hingga muda. Tentu profesinya juga beragam, mulai pelajar, mahasiswa, pekerja swasta, pekerja profesional dan lainnya.


"Kita ada PKD khusus, pada angkat sembilan. Karena diikuti oleh  para manajer dan unsur pimpinan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Bengkulu," beber Koko.

BACA JUGA:Ini Dia Jawaban Bupati Mian Terhadap Pandangan Umum Fraksi di DPRD Bengkulu Utara


Koko mengakui, dirinya bersama pengurus lainnya membentuk Kabahill yang beralamat Pekan Sabtu Kota Bengkulu itu, berawal dari rasa prihatin terhadap kondisi bangsa. Maka generasi-generasi unggul sebagai pemimpin masa depan itu, harus dipersiapkan sejak awal.


"Harapannya tentu, melalui PKD menjadi salah satu  mobilisator bagi pergerakan perubahan Bengkulu dalam ikut serta membangun daerah dan bangsa Indonesia," pungkasnya.

BACA JUGA:Sekda Hamka Sebut Isu Gempa jadi Penghambat Investasi di Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id