Perpusnas Dorong Perpustakaan Diselenggarakan Sesuai SNP

Perpusnas Dorong Perpustakaan  Diselenggarakan Sesuai SNP

Peserta Workshop sosialisasi dan edukasi terkait pedoman akreditasi mengikuti acara dengan serius-Adit-


Inilah suasana sosialisasi dan edukasi terkait pedoman akreditasi -Adit-

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Perpustakaan Nasional mendorong perpustakaan di Provinsi Bengkulu untuk menerapkan SNP dalam menyelenggarakan dan mengelola perpustakaan.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah memberikan sosialisasi dan edukasi terkait pedoman akreditasi kepada 40 tenaga perpustakaan. Selain itu, melakukan praktik self assessment dalam pengisian instrument akreditasi revisi terbaru. 

 

 

 

 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan , Perpustakaan Nasional RI,  Dr. Adin Bondar, S.Sos, M.Si menuturkan,  narasumber akan menyampaikan materi- materi yang menunjang penyelenggaraan perpustakaan yang berkualitas.

Ia mengatakan, perpustakaan berkualitas mampu memberikan layanan prima kepada pemustaka. Indikator layanan prima diantaranya adalah kepuasan pemustaka, pengakuan formal dan peningkatan berkelanjutan.

 

 

 

 

Untuk mencapai pelayanan prima, perpustakaan harus dikelola oleh tenaga yang kompeten, didukung oleh koleksi, sarana dan prasarana serta sumber anggaran yang memadai.

Indikator yang menunjukan pelayanan prima juga dapat dilihat dari tingkat kegemaran membaca serta indeks peningkatan literasi masyarakat yang semakin meningkat.

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Program Bujik'an Dusun Gusnan Mulyadi

 

 

 

 

Adapun narasumber yang menyampaikan materi kekinian dalam kegiatan workshop akreditasi adalah Agus Rifa’i Ph.D dan Muhammad Ihsanudin M.Hum.

Narasumber adalah pakar dalam penyusunan SNP sekaligus tim asesor perpustakaan nasional. Target kegiatan ini antara lain menyiapkan perpustakaan untuk terakreditasi. 

BACA JUGA: Kasihan, Warga Desa Air Umban Bertaruh Nyawa Demi Ini

 

 

 

 

Akreditasi perpustakaan merupakan upaya untuk menilai kondisi dan kinerja perpustakaan dengan cara mengukur kesesuaiannya dengan menggunakan Standar Nasional Perpustakaan.

 Adapun tujuan akreditasi diantaranya adalah untuk membuktikan bahwa perpustakaan sudah menerapkan SNP secara konsisten dan berkelanjutan untuk menilai kondisi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan dan untuk mengetahui posisi dasar dalam peningkatan kinerja, kualitas kerja perpustakaan dalam pelayanan prima bagi pemustaka.

 

 

 

 

 

Sasaran akreditasi perpustakaan diantaranya adalah perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi. Adapun komponen akreditasi diantaranya standar koleksi.

Kemudian, standar sarana prasarana, standar pelayanan, standar tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan, standar penelolaan, standar inovasi dan kreativitas, standar tingkat kegemaran membaca dan standar indeks pembangunan literasi masyarakat.

 

 

 

 

Workshop akreditasi akan dibuka oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan , Perpustakan Nasional RI bapak Dr, Adin Bondar, S.Sos, M.Si.

 

 

 

 

Disisi lain, tujuan workshop akreditasi perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam penilaian kinerja perpustakaan berdasarkan standar nasional perpustakaan dengan menggunakan instrumen baru yang disempurnakan. 

BACA JUGA:Suhu Panas, Dinkes Imbau Masyarakat Dalam Rumah Saja Dulu, Saat Ini Posisi Matahari Tegak Lurus

BACA JUGA:Muhamad Antoni Bagikan Ilmu Ini ke Berbagai Komunitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: