Banner Perpustakaan

Warga Seluma Kritik Nama Festival Jambar

Warga Seluma Kritik Nama Festival Jambar

Bupati menghadiri Festival Jambar di Kecamatan Ulu Talo-Wawan-radarbengkulu.disway.id

SELUMA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Festival jambar yang digelar serentak di masing-masing 14 Kecamatan yang ada di Seluma guna memperingati HUT ke 20 Kabupaten Seluma menuai sorotan dan kritikan warga.

Sejumlah pihak menilai pemberian nama Festival Jambar tersebut kurang tepat. 

BACA JUGA:Cerita Abunawas: Abunawas jadi Raja Sehari

 

 

 

" Istilah jambar itu identik dengan denda dalam adat. Adanya jambar, itu biasanya dikarenakan ada sebab akibat, sehingga di dalam adat, ditebus dengan nasi jambar," kata Dahlan Sanusi, tokoh agama warga Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan. 

BACA JUGA:Pelaku Belum Terdeteksi, Rumah Bacaleg PKB Benteng Dilempar Bom Molotov

 

 

 

Menurutnya, ada hal penyebutan yang kurang pas, jika kegiatan tersebut menamakan dengan Festival Jambar. Lebih baik dengan istilah lain. 

" Lebih baik Festival Nasi Tumpeng. Bahan dan sajiannya hampir sama, tapi nilai kesakralannya berbeda," sampainya. 

BACA JUGA:Bunda Wajib Cobain Mendidik Anak Ala Imam Al Ghazali Ini

 

 

 

Senada juga dinilai Safri, warga Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma. Ia juga menilai, syukuran dengan menggelar makan bersama nasi jambar dinilai kurang pas. 

" Jambar, itu biasanya digunakan untuk membayar denda adat. Ada suatu sebab akibat. Lebih pantas dengan sebutan Festival Nasi Tumpeng," sampainya. 

BACA JUGA:Yang Mendaftar sebagai Calon Anggota Bawaslu Masih Minim

 

 

 

Sementara itu, masih dalam memeriahkan HUT Kabupaten Seluma, Bupati Seluma Erwin Oktavian SE, Senin (5/6)  membuka Festival Jambar Tingkat Kecamatan di  Kecamatan Ulu Talo. 

Bupati Seluma dalam arahannya menyampaikan bahwa Festival Jambar Tingkat Kecamatan yang kita laksanakan serentak tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-20 Kabupaten Seluma tahun 2023 yang melibatkan seluruh masyarakat.

 

 

 

Sesuai dengan tema peringatan hari jadi ke-20 Kabupaten Seluma tahun 2023 ini, "Selumaku Selumamu Jugo, Besamo Kito Alapkan." 

" Makna yang terkandung dalam jambar ini, salah satunya menyatukan masyarakat agar tetap kokoh dalam segala hal.Dalam jambar ini kita maknai satu kesatuan. Setiap komponen mempunyai arti dan makna yang mendalam, "sampai Bupati.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / warga seluma kritik nama festival jambar