20 Persimpangan di Jakarta Gunakan Teknologi Canggih, Bengkulu Kapan Ya!

20 Persimpangan di Jakarta Gunakan Teknologi Canggih, Bengkulu Kapan Ya!

Ilustrasi persimpangan yang telah menggunakan artificial intelligence (AI)-Ist-radarbengkulu,disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa 20 persimpangan telah menggunakan artificial intelligence (AI) untuk mengurangi kemacetan.

BACA JUGA:Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (8) - Kakinya Penuh dengan Kudis Saat Kecil

 

Penggunaan AI, lanjut Syafrin seperti dikutip dari disway.id, itu sangat efektif dalam melacak dan mengatur waktu di lampu lalu lintas. 

"Sementara ini ada 20 simpang yang sudah menerapkan prinsip AI dengan intelligent transport system (sistem transportasi cerdas) di traffic light (lampu lalu lintas)," kata Syafrin, di Jakarta, Minggu, 2 Juli 2023.

Teknologi AI ini juga, paparnya, memungkinkan sistem manajemen lalu lintas (forces adaptif) untuk bekerja lebih baik dan mengintegrasikan informasi ke dalam basis data internal Google.

BACA JUGA:Serial Abunawas: Tamu dari Negeri Jiran

 

Syafrin mengatakan bahwa teknologi ini memungkinkan Dishub DKI untuk menghitung rasio VC, yang merupakan perbandingan antara kapasitas jalan dan kepadatan lalu lintas di jalan tersebut.

"Jadi, traffic light tersebut dapat 'melihat' kaki simpang mana yang padat, sehingga di titik itulah yang akan diberikan prioritas lampu hijau lebih banyak atau lama," ujar Syafrin.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu dan Jawa Timur Teken MuO Sektor Ini

 

Kemudian, Dishub DKI menggunakan teknologi AI untuk memprioritaskan rute angkutan umum. Seperti TransJakarta.

Lebih lanjut dikatakan, Sistem AI akan secara otomatis mengidentifikasi apakah TransJakarta akan diberi prioritas lampu hijau untuk melintas duluan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id /20 persimpangan di jakarta gunakan teknologi canggih