Selamat, 10 Pelajar Bengkulu Terima Beasiswa Leadership Program Tahun 2023 dan Kuliah di Kampus Ternama

Selamat, 10 Pelajar Bengkulu Terima Beasiswa Leadership Program Tahun 2023 dan Kuliah di Kampus Ternama

Gubernur Rohidin menyerahkan secara simbolis plakat penerima beasiswa -Windi Junius-

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Sebanyak 10 orang pelajar Bengkulu menerima beasiswa Bengkulu Leadership Program tahun 2023. Kesepuluh (10) pelajar ini diterima kuliah diberbagai kampus ternama di Indonesia.



Beasiswa Bengkulu Leadership Program tahun 2023 ini adalah program dan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Bengkulu terhadap dunia pendidikan. Salah satu caranya adalah memberikan beasiswa kepada siswa-siswi terpilih di Provinsi Bengkulu untuk mengikuti pendidikan dan dibiayai penuh oleh pemerintah Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Jangan Dipotong, Dewi Coryati Serahkan 6.880 Beasiswa di Bengkulu Selatan

 



Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu menganggarkan dari APBD sebesar Rp 1,7 Miliar untuk 10  siswa/siswi hasil seleksi SMA/SMK/Madrasah se Provinsi Bengkulu.



Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, pada tahun 2023 ini yang berkesempatan mendapatkan beasiswa dari APBD tersebut sebanyak 10 orang dengan total biaya mencapai sebesar Rp 1,7 miliar. "Selain biaya pendidikan, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup sebesar satu juta rupiah perbulan, selama 48 bulan atau 8 semester," kata dia.

BACA JUGA:150 Beasiswa Baznas Diperebutkan 888 Peserta



Rohidin Mersyah menjelaskan, program ini adalah hasil kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. "Setelah diseleksi dengan ketat, terpilih 10 orang untuk dikirim dan mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah," jelas dia.



Lebih lanjut, Rohidin mengatakan, Beasiswa Bengkulu Leadership Program tahun 2023 ini sudah diinisiasi sejak tahun 2022. Sehingga prosesnya melalui mekanisme seleksi yang sangat ketat. "Jadi, nantinya ada hak dan kewajiban Pemerintah Daerah dan penerima beasiswa," jelas Rohidin.

BACA JUGA:Ini Syaratnya, Ada 1.000 Kuota Beasiswa Santri Berprestasi



Gubernur Rohidin mengatakan, kewajiban yang harus dilakukan oleh penerima beasiswa yakni harus menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu selama 48 bulan. "Jika lebih dari 48 bulan, maka yang bersangkutan harus mengeluarkan biaya sendiri," ujar dia.



Apalagi jika yang bersangkutan terkena Drop Out (DO), maka yang bersangkutan harus mengembalikan uang yang sudah diterima untuk dikembalikan ke kas daerah.  "Karena dianggap gagal menjalankan program ini," ungkapnya. 

BACA JUGA: Kabar Gembira, Ketua OSIS Berprestasi Terima Beasiswa Gubernur Bengkulu



Untuk mendidik para penerima beasiswa agar bertanggungjawab, maka akan diikat dengan surat perjanjian kerja sama antara mahasiswa dan pemerintah daerah yang diketahui oleh orang tua masing-masing.



"Disinilah cara mendidik anak-anak kita, tidak hanya meraih prestasi akademik di kampus, namun perlu berlatih tanggung jawab, bersosialisasi dengan baik di kampus guna meraih prestasi," kata Rohidin.

BACA JUGA:Juara Lomba Generasi Rabbani Expo Milad ke - 8 SMP IT, Siswa Langsung Dapat Beasiswa



Sementara itu, salah seorang penerima beasiswa atas nama M. Thio Redho Mas'ud Sutrijanto asal MAN IC Bengkulu Tengah mengatakan, dia sangat bersyukur meraih kesempatan mendapatkan beasiswa guna melanjutkan studi ke Universitas Gadjah Mada dengan jurusan S1 Teknik Industri. 



"Saya sangat berterimakasih dan akan memanfatkan momen ini dengan baik. Kepada semua pihak, terutama orang tua saya atas dukungannya, sehingga saya bisa mendapatkan program beasiswa inisiasi bapak Gubernur Rohidin Mersyah. Semoga dengan doa dan dukungan yang diberikan, saya bisa menyelesaikan pendidikan tepat waktu guna mewujudkan cita-cita ke depan," ucap Redho.

BACA JUGA:Jurnalis Harian RADAR BENGKULU Raih Beasiswa S2 BRI Fellowship Journalism 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: