Makna Nilai-Nilai Kemerdekaan Indonesia

Makna Nilai-Nilai Kemerdekaan Indonesia

H. Henderi Kusmidi-Adam-radarbengkulu.disway.id

 

Khatib : H. Henderi Kusmidi

(Dosen UIN FAS Bengkulu & Imam Masjid Besar Jami’ Babussalam Kota Bengkulu)

 

Dari : Masjid Besar Jami' Babussalam, Jalan P.Natadirja KM.8 Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu

 

Jemaah Shalat Jumat Rahimakumullah,

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Sekarang kita berada di bulan Agustus. Yaitu bulan hari kemerdekan negara kita Indonesia dan kemerdekaan negara kita tidak lepas dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan.

Perjuangan para pahlawan kemerdekaan pada masa itu telah memberikan kontribusi besar bagi Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

BACA JUGA:Memprihatinkan, Bangunan Air Terjun Batu Bekinyau Tidak Terurus

 

Kita sebagai generasi penerus harus mengenang dan meneladani semangat juang mereka. Oleh karena itu harusnya kita perbanyak bersyukur atas nikmat kemerdekaan dan keamanan tanah air  yang kita rasakan sekarang ini. 

Kita sebagai generasi penerus kemerdekaan saat ini harus meneladani nilai-nilai dan semangat para pahlawan. Seperti keteguhan dalam memegang prinsip, keberanian, dan kesabaran dalam meraih tujuan.

BACA JUGA:Data Kendaraan Menunggak Masih Ada, Animo Tinggi, Program Pemutihan Pajak Diperpanjang

 

Nilai-nilai ini harus diaplikasikan oleh elemen bangsa untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya masing-masing. 

Berikut ini yang perlu ditanamkan pada generasi penerus:

Pertama, adalah nilai keteguhan dalam memegang prinsip.

Para pahlawan kita oleh Allah dikaruniai keteguhan dan kekuatan hati untuk senantiasa istiqamah berjuang dan tidak mudah terpengaruh oleh propaganda dan iming-iming dari para penjajah.

BACA JUGA: Baca Ayat Kursi, Cerita Sarijo Keluar dari Misteri Tanjakan Maut Tebing Batu

 

Mereka berjuang dengan pengorbanan jiwa raga dan berhasil mengusir penjajah dari bumi pertiwi. Semestinya kita harus meneladani semangat perjuangan mereka untuk diaplikasikan diera saat ini.

Yaitu, dengan tidak mudah terprovokasi dan selalu mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa, selalu mengedepankan kepentingan bangsa Indonesia dari pada diri sendiri. 

 

Kita sangat prihatin, karena sekarang ini masih banyak saudara-saudara kita yang mempergunakan kebebasan itu untuk kepentingan pribadinya sendiri, tanpa mengindahkan orang lain. 

Mereka lupa diri, bahwa perbuatan yang mereka lakukan itu adalah bertentangan dengan tuntunan agama, dan kelak akan disiksa oleh Allah SWT.

BACA JUGA:BAZNAS Bakal Renovasi 250 Unit Rumah, Setiap Rumah Dibantuan Rp 15 juta

 

Seperti, banyaknya prilaku para pejabat melakukan praktik KKN dan berbagai bentuk penyimpangan lainnya. Mereka tidak mengerti makna dan malah mengkhianati dan mengambil keuntungan dari hasil pengorbanan para pahlawan-pahlawan kemerdekaan. 

Kedua adalah keberanian

Jika pahlawan dahulu dengan berani berjuang dengan mengangkat senjata untuk mengusir para penjajah, maka tugas kita saat ini sebagai penerus adalah berani berjuang untuk mengusir kebodohan dan ketertinggalan.

 

Ini sebagai modal menjaga kemerdekaan ini serta optimis dan berani menghadapi masa depan dengan menjadi jiwa yang kuat yang didukung dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kemudian,  memahami ajaran agama Islam yang benar dan kaaffah. Sehingga, tidak menimbulkan faham yang radikal, tidak ekstrem, tidak mengkafirkan orang yang tidak segolongan dan tidak mengklaim pendapat yang paling benar. 

 

Ketiga, adalah nilai kesabaran dalam meraih tujuan

 Nilai-nilai kesabaran bisa kita aplikasikan dalam perjuangan kita mengisi kemerdekaan melalui kesabaran belajar bagi para generasi muda, kesabaran dalam bekerja bagi para orang tua, dan kesabaran dalam menghadapi berbagai tantangan perubahan zaman oleh seluruh elemen masyarakat. 

 

Jemaah Jumat yang Berbahagia, 

Kita sebagai generasi penerus saat ini harus meneladani nilai-nilai dan semangat dari pahlawan. Seperti keteguhan dalam memegang prinsip, keberanian, dan kesabaran dalam meraih tujuan.

Nilai-nilai ini harus diaplikasikan oleh seluruh elemen bangsa untuk mengisi kemerdekaan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

 

Kita harus teguh memegang prinsip untuk mempertahankan kemerdekaan sekaligus berani menghalau pihak-pihak yang ingin mengganggu kedamaian bangsa. 

Dengan kesabaran, kita harus terus membangun bangsa kita ini untuk meraih tujuan melalui persatuan. Para pahlawan telah berjuang untuk memperoleh kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

 

Oleh karena itu, kita harus meneladani semangat juang mereka dan menghargai kemerdekaan yang telah kita peroleh dengan bersyukur kepada Allah, dan kita harus tetap bersabar menghadapi tantangan dan musibah dalam mengisi kemerdekaan ini demi cita-cita bangsa Indonesia.

Karena, hanya bersyukur dan bersabar maka kita akan mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. 

 

Sebagaimana sabda Nabi  yang artinya: ''Seorang mukmin itu sungguh menakjubkan, karena setiap perkaranya itu baik. Namun tidak akan terjadi demikian kecuali pada seorang mukmin sejati.

Jika ia mendapat kesenangan, ia bersyukur, dan itu baik baginya. Jika ia tertimpa kesusahan, ia bersabar, dan itu baik baginya.'' (HR Muslim).

 

Oleh karenanya, pada momentum kali ini, mari kita kuatkan lagi rasa syukur kita atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa.

Sehingga kita bisa meneladani mereka sebagai modal untuk mengisi kemerdekaan ini. Semoga Allah melindungi bangsa kita dari segala balak dan bencana. Aamiin yaa Allah yaa rababal ‘alamin.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id